CB150R Anda Kurang Kencang?? Ini Tipsnya

Streetfire

Siapa yang ngga kenal motor cantik berjuluk Streetfire ini, dibekali mesin DOHC, 6 speed, bertenaga 17PS, cocok banget untuk speed freak, namun… uhuk uhuk… nah gue ga enak ngelanjutinya, dari pada bikin dosa, huahahahaha :mrgreen:

To The Point Aja Gan!

1. Camshaft.

Camshaft sangat menentukan karakter motor, dipasaran masih langka camshaft untuk CB150R, ngga perlu bingung, ambil aja punya kakak nya CBR 150, dengan penggunaan camshaft CBR, putaran bawah streetfire memang sedikit terkebiri, namun di rpm atas, jos gandos, siapa sih yang masih ragu putaran atas CBR??:D

Pengalaman penulis, kalok pembaca mau repot, bisa menyambangi tuner terpercaya untuk dibuatkan camshaft custom, dan hasilnya?? pasti cocok deh, kalo ngga cocok?? custom lagi! :mrgreen:

2. Koil Racing

Koil racing berfungsi untuk menyempurnakan pembakaran, dibanding koil standar, koil racing dapat menghasilkan api yang lebih besar dan bagus.

3.  Knalpot Aftermarket

Yup, sekat sekat dalam knalpot standar berfungsi buat meredam suara agar tak terlalu keras, sedangkan knalpot racing plong, kalok mau yang PNP, bisa beli knalpot aftermarket di luar sana banyaaaak sekali pilihanya. 😀

Mau nendang tapi suara kalem?? bikin saja headernya, untuk silincer bisa pakai milik Satria FU, silincer ini spesial karena cuma punya 2 sekat didalam perutnya, ajib toh, murah lagi, cuma 230 ribu :mrgreen:

4. Porting Polish

Cukup dihaluskan saja permukaannya, biar lebih lantjar 😀

Dalemanya gan

Masih kurang kenceng juga??? :mrgreen:

4. Bore UP!

okeh, klep CBR punya ukuran 24mm dan 22m x2, kalok di konversikan dalam bentuk SOHC 2 klep, ukuran klepnya 34 mm?? kok bisa ketemu 34mm??

Nih caranya:

Diameter klep CBR adalah 2 x 24mm 

3,14 x 12 x 12 = 452,16. karena klepnya ada 2 biji maka 452,16 x2 = 904,32

konversi 1klep, tinggal dibalik

904,32 = 3,14 x Z x Z

Z = 16,97

Diameter = Z x 2 = 33,94 mm digenapkan jadi 34mm

Bandingkan sama klep tiger yang cuma 31,5 mm. padahal cc nya cuma 200, lagian throtle body cb ini sudah berada diangka 30mm, cukup mumpuni buat boreup 😆

Okeh, buat bore up ini pembaca bisa ganti pakai piston CBR, dipasaran tersedia Piston CBR hingga oversize 400, dengan pengaplikasian piston ini, otomatis Streetfire sobat bakalan meningkat menjadi 166 cc secara instan. Jos gandos 😀

5. Stroke UP!

Kalok mau stroke up, intinya cuma 1, BALANCE!!

Stroke up ini ada 2 metode, yang pertama pen stroke, yang kedua geser big end, kalok pake pen stroker bisa langung PNP, ngga usah takut tentang balance nya, hampir pasti aman, HAMPIR loh ya. Penstroke sendiri murah banget, cuma 200 ribuan yang bemerek, sedangkan custom berkisar 300 ribuan. 😀

Yang paling ekstrim, geser big end, kalo ini tergantung keahlian tukang bubut nya, enaknya sih aplikasi stang piston motor 2 tak, pen nya lebih kecil, jadi bisa digeser lebih jauh, mau digeser 10mm atau 10 meter juga bisa :mrgreen:

6. Piggyback + Injektor

Sudah bore up, sudah stroke up, pasti kebutuhan mesin berbeda dengan standar, piggyback dan injektor ini berfungsi untuk mengatur supplay bahan bakar lebih baik dari standar.

Bayangin, piston cbr os 400 + pen stroke 3mm saja, maka sumber ledakan sebesar 190cc sudah berada dibawah kaki anda 😀

Masih kurang puas juga?????? Nggilani, Pasang Turbo aja gan kayak disini :mrgreen:

60 thoughts on “CB150R Anda Kurang Kencang?? Ini Tipsnya

  1. bikerkampung86

    betullll…… pasang turbo aja udh lbh dri cukup lagian lbh bnyk biayanya kalo pasang piggyback, bore up ama stroke up truz ganti knalpot aftermarket paling minim diatas 8jt kalo cman pake turbo ama ganti knalpot gak nyampe sgitu

  2. rezaholic Post author

    Kalok kompresinya ngga terlalu besar, aman aman aja kok om, masih bisa balik standar lagi kok 😀
    Cuma butuh perawatan lebih di olinya aja 🙂

  3. wirosablengg

    Kalo dipaksain pake turbo tapi masih pake jeroan bawaan pabrik….ya dipastikan rompal dong om dalemannya…..
    Bagaimanapun jg CBSF beda dgn CBR…..
    Ada yg bilang sama..??? ngapusi tuh….
    Silakan test metalurgi material cbr & cbsf…

  4. rezaholic Post author

    Bisa.. diturunin kompresinya.. kalo soal metalurgi saya kurang tahu.. kalo mas wirosableng tahu bisa di kirin ke email saya, biar saya bikin artikelnya 😀

  5. sofyan

    Gan ane abis ganti cdi brt juken 2 buat cb150r, nah kan di setting tuh sm remot. Pas udh diseting rpm bawah brebet, rpm atas ga brebet. Dan bensin tambah boros bgt sm sebelum pemakaian. Mohon balasannya please, motor standar tinting, make knalpot dbs thailand tok

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s