Skutik memang fungsional, yup… penulis pun ngga menyangkal hal tersebut apalagi ini indonesia, selain motor gerobak, sebutkan motor apa yang bisa ngalahin fungsionalnya skutik di Indonesia, sport? fairing? naked? bebek? mereka memang kencang, tapi coba suruh bawa galon 2 biji, lewat semua sama skutik. wkwkwkwkwkwk
Skutik didesain buat pemakaian dalam kota, dengan jarak pendek, paling gampang, coba liat kapasitas tankinya, paling banter 5 liter, terus lihat lagi suspensinya, mini… liat velg dan ban nya.. mini…, lha kok pabrikan dengan pedenya launching skutik dengan TOURING, mungkin kalok 50-60 kilo wajar lah.. lha ini 400 kilo.. 500 kilo.. berlebihan sekali.. 😦
Dilihat dari segi promosi dan penjualan, yup.. metode ini bisa dikatakan ajib..
“Broo.. Beli matic ini aja bro… buat turing manteb bro.. ngga bikin pegel”
“Brooo.. Matic ini dipake ke turing nembus 162km/liter bro.. irit banget!”
“Brooo0… Matic ini top speednya bisa sampe 110, tuh buktinya di tes turing ke sono no..”
“Broooo0.. Matic tangguh nih, test nya aja bisa jalan 500 kilo,.. masih sehat sehat aja..”
Mau pamer handling, akselerasi dan top speed, Sirkuit dong! 😀
Kalo mau pamer ketangguhan dan keawetan, banyak metode lain yang bisa ditempuh. Siram air garam, Uji benturan, Simulasi Banjir, kalok perlu tester suruh injak injak body nya. Berani apa engga??
Mau pamer konsumsi bensin? City Ride lah… data konsumsi touring kok buat jualan… miris 😦
Misalnya kamu sedang penelitian, mau ngukur pengaruh tawuran pelajar, tapi ambil sampel dari sekolah favorit yang muridnya pinter pinter dan ngga pernah tawuran?? apakah datanya valid?? apakah reliabel?? engga lah! 😀
Terus test yang bener itu gimana?
City ride! muter muter kota, keluar masuk gang, macet macetan! di akhir city ride diselipkan agenda buat mereng mereng di sirkuit! Terus ukur konsumsi bbm nya.. Memang euforia yang di jual ngga seheboh versi touring lintas kota atau lintas pulau, tapi dengan ini bisa dapet data yang lebih valid dan reliabel, tapi… ngga bisa di jual…
KECUALI ENTE BUSINES ORIENTED 😈
Susah kalok ketemu yang begini, yang penting produk gue laku, keliatan kuat, keliatan irit, sebodo amat… motor aing kumaha aing, duit duit gue, masalah buat ente?? liat noh kompetitor cuma berani turing 400 kilo.. behhh.. cemen… gue sih berani turing 1000 kilo pakek matic…
*BTW, Tulisan ini tidak berlaku buat skutik grandtouring yang memang di desain buat jalan jalan sekuat hatimu 😛
Karena Indonesia rata” make matic mungkin
Eh pertamax gk nih
http://wongndeso1994.wordpress.com/2014/01/29/cara-menstarter-thaft/
PERTAMAX GAN
ahhh tidaakk.. gue kalah! 😈
Kwkwk
Protes dewe, njawab dewe.. Pinter ente bro! 😀 #wajar bae, jiwa dagang wkwkwkwkwkwk…
Solusi dab!
Menyinpulkan masalah tanpa solusi, saya ngga mau disamaain sama yang disenayan sana…
matic ku aja paling jauh 60 km sekali jalan…habis seliter lebih sesendok makan…
http://masshar2000.wordpress.com/2014/01/29/legenda-yamaha-scorpio/
Dalem kota seliter buat berapa mas? 😀
kapanan biar greget .haha
sepertinya anda terguncyang
haha biasa wae, kndo wae ra seneng,
gubrak…
wkwkwkwkw, greget bro
yoi gan.. wkwk
Hahaha..kan ente sendiri bos skutik bisa buat bawa galon..ga ada yg perlu di MIRIS in lah..ga haram juga toh skutik di ajak naik/turun gunung selagi mampu
yoi gan… ini menurut kacamata penulis saja 😀
sekalian tes sensor ketinggian mungkin haha
gak semua yg touring make semprot :p
hahahaha, ngga harus pakek sport kok, kalok untuk pribadi, itu pilihan, kalok buat promosi yooo.. kebangeten sih menurut ku…
eh,, iya ya 😀
yoi om 😀
sampean ra seneng yo kang,………. nesu nesu dewe……. opo karena ga di undang ikut touringnya. …. buktinya banyak brow liat aja kalo mau lebaran pada turing dengan segala jenis motor dari motor yang paling butut sampe motor yang paling mahal ada brow…….. toh mereka nyampe tujuan brow
Kalok mudik, itu pilihan pribadi dan saya ngapain cape ngatur?? 😆 anda sudah dewasa, anda sudah tua, anda tau mana yang terbaik buat anda, dan anda siap dengan resiko tersebut, iya to? 😀
mosok pabrikan gede ngajari ngga bener, ya kalok cuma satu, lha ini berjamaah, sering pula
kalok saya mau diundang atau engga saya mah sante aja lagee, orang niat saya bloging bukan untuk mempromosikan pabrikan kok, walaupun pengen juga test ride barang baru 😛
bener sih, skutik itu ga buat turing sebener nya, kecuali skutik2 gede hahaha
eniwei turing pake motor matik kurang enak sih, ga bisa shift up ama shift down :p
Jiwa pembalap nih pasti,???
pengen skutik tp ga boleh sama bojo, karena bojo tratapan angger nggowo skutik, wkwkwk
Gak salah sih,wong kepentingannya buat promo,lewat banyak kota berarti banyak yg tau produknya.namanya juga strategi pemasaran brow.lagian gak ada larangan toh turing pake skutik
hihihihi padahal aq sih ga tertarik sama matic juga sih om….. hehehehehe…. 😆
Buat test sensor ketinggian mungkin.
ya harus lewat gunung.
masa d siskuit.??
sdangkan Injeksi H, harus d stel manual klo berada d ketinggian tertentu.
Gubrakkkk
Yup… kecuali buat jualan.. 🙂
Tukokne mobil om.. hehehehe
Wkwkwkwk.. saking canggih nya..
itulah indonesia bro….. 🙂
namanya juga strategi pasar kan memanfaatkan peluang sbanyak mungkin, walaupun itu kurang benar…. 😦
kdg liat kasian trutama pas mudik lebaran skeluarga pake motor matic anak di dpn, bpk, anak lagi, istri, blkg bikin bagasi darurat buat naruh tas & oleh2 lebaran di kampung naek motornya kdg geal geol kyk bawa motor sport ngeri bgt liat nya…….. 😥
itu matic jd kyk odong odong…..
I know that feel broo.. saya juga merasakan hal yang sama..
ooo wes tau jg tho #ehh
mnurut gw slain buat ngetes snsor, biar diliput juga buat tes durabilitas bro..durabilitas tu pnting bro untuk sbuah motor, makanya dibuat cara yg agak ekstrim yaitu touring.
kan gak asik mau promosi diliput media2 besar dgn cara ngetes bawa 2 galon..gak ngejual bro.
paham??
hakuwi..! kuuwiiiiii..!!! 😀 😀 😀
FBH detected.
kalo mau jualan jangan mikirin teknis otomotifnya atuh gan….bisnis kadang harus berfikir di luar lingkaran kebiasaan…disini yang diutamakan kan masalah pengenalan brand doang
biarin aja, emang mau turing pake apa coba?
masa iya harus beli KTM/ TENERE.
lagian jaman mio, vario, xeon juga dari dulu diadain turing,
yg vario ama xeon justru sama-sama sampe bali.
kok cuman itu…
vespa aja yg bannya 8-10 inch bisa dipake turing ribuan Km bahkan sampe dipake offroad segala.
dan sebenarnya motor turing itu definisinya yg bagaimana sih bro?
ane juga pernah tuh touring 3 motor ratusan km. motornya juga 100-110cc aja malah
masuk akal opininya, ane sih setuju2 aja
drpd konvoi jauh yang gak jelas pake dikawal segala, mending tes ketahanan nonstop aja di sirkuit, kaya si juki 😀
waduhh..kasian motornya..kelebihan beban..
😦
http://hulssay.com/2014/01/30/sambut-hari-imlek-dengan-cheongsam-seru-2/
ya gak apa2 lah bro,gak salah juga kalau menurut ane sih.berarti kalau test ride sport kudu touring gitu n gak sah kalau diuji dalkot????
Apa ngga ada uji durabilitas lain selain turing?
Gubrak
Yup.. karena masalah bisnis keselamatan pun di jual belikan 😀
Baca dulu baik2 pak, apakah pantes motor yang didesain oleh pabrikan buat dalam kota, namun dipakai touring oleh pabrikan itu sendiri? Padahal doi koar koar mudik ga boleh pake motor?
Ya itu pilihan anda pak, 😀
Sip… gan!
Yoi say..
Kalok sport komuter test nya dimana? Kalok sport cruiser test nya dimana? Kalok sport murni test nya dimana? Kalok motor bebek buat kepasar test nya dimana? kalok matic buat komuter test nya dimana? Jadi kalok launching motor sport fairing, terus test offroad di bromo ngga boleh? Boleh boleh aja.. sapa bilang ngga boleh..
Joss..
wah test ride nang paving daerah pogung 😆
Wooo.. kok ngerti? Hahahahaa
Kayaknya pabrikan udah buat motor sesuai kemampuannya deh,matik rata” tangkinya 5 liter,kl 1 liter rata” buat 40 km berarti maksimalnya 200 km
Kl dipake sampe 500 km aga maksain berarti,imho 😀
Yupp.. dan penggunaanya kan ngga harus 5 liter langsung habis, memang tidak didesain untuk lebih dari batas tersebut 😉
Boleh kenceng, tapi apakah benar kalok kenceng kencengan di jalan raya? Secara normatif saja lah 😉
Kalok kelebihan dan kekuranganya dibuktikan lewat metode lain? Banyak kan metode lain untuk membuktikan?
Simple aja om, matic kan skrg lg hot item, mulai dari bocah sampe babe2 make matic. Mgkn klub motor plg bnyk jg isinya matic. Test ride 400km++ itu kan jg utk feedback pabrikan. Logikanya klo digeber 400km gk da mslh pd kndaraan, sharusnya dipake muter2 dlm kota ya gk da mslh. Kedua, rute dan kondisi jalan di negeri kita kan mcm2. Mulai dri gunung smp pesisir, jln mulus smp kubangan kebo… Nah matic sndiri digunaiin di berbagai medan, makanya di tes jauh2. Klo cm di tes di sirkuit ya mgkn bgi R&D pabrikan gk cukup memberikan feedback. Klo dri sisi marketing ya jelas branding unit sbgai unit yg multi purpose skalian pamer desain… In the end, yamadut test ride GT125 400km, kok situ yg miris, masbulohh?? Ngoahahaha
Wtf 45 kpl..hampir sama , solo kan gk macet
Betul,kecuali moge kyk misalnya er6n yang tangkinya “cuma” 16 liter doank (rata rata 1 liter 25 km) cuma bisa nempuh +-400 km 😀
Aslinya mau 1000 km pun ga masalah
setuju bro.bahkan di iklan tuh salah satu produk tetap mengungulkan top speed.balapan matic juga cuma merek itu yang ngadakan.
miris baca artikel ini
tapi ga papalah, mayan
buat hiburan dari pada nonton dangdutan
Sebenernya nggak cuma skutik sih yang nggak baik buat touring, sport dan bebek nggak baik buat touring.
Lebih afdol judulnya ” Miris tes ride sepeda motor dipakai touring. ”
Apapun itu alasannya. sepeda motor rodanya cuma dua bro…
Wkwkwkwk, feedback?? miapah?? ngga lebih dari sekedar driving impression broo..
“ngga cuma satu pabrikan, tapi hal ini dilakukan berjamaah” tau artinya kan?
manteb…. pak…
itu touring 400-500km nonstop??
brp kali istirahat tuh n brp KM?
seremmm…
mungkin biar para bloger ato tabloid r2 lsg ngrasain gimana performa realnya…
bisa lsg tes semuanya dlm paket touring entah itu handling bbm suspensi kenyamaan dll oleh bloger…
kondisi sirkuit ma real beda mungkin y..
tar tes disirkuit keren tp direal jalan malah mengecewakan…
ga semua jalan itu sama mungkin point utama touring e gt 125…
ingin membuktikan bahwa dengan kondisi jalan yg selalu berbeda dll ni skutik bisa diandalkan
apapun touring e ttp keep safety riding dikawal polisi ambulan equip lengkap dan tidak alay” kaya pake rescucer dll coz handling n perfoma berubah hahahah
akkkk… kenapa nangkepnya cuma touring gt 125 semua… ini bukan cuma gt 125 my men, vario, mio j, gt 125,…
Lhooo…
podo yo karo artikelku wingi? Joss
Titip ahhh…
http://nyobamoto.com/2014/01/30/etape-1_ultah-nyobamoto-com-diperingati-dengan-pelukan-kabut-penanjakan-bromo/
kan yg baru” tes skutik touring kan itu GT 125?? hahah 😆
nah pendapat saya mungkin seperti diatas bang reza…
dengan touring mungkin para tester lsg bisa kasih pendapat gimana pas tes skutik itu entah bloger dr awal udah niat tes bbm,kenyamanan jok,handling suspensi dengan kondisi yg sereal mungkin yaitu jalanan untuk dipake sehari” entah itu didaerah desa ato kota…
kan touring jauh tuh setiap jalan juga beda ga cuman lurus…
kalo disirkuit juga ga ada lobang” kondisi suhu ato alam dsb yg tidak dimiliki tes di sirkuit
mugnkin dengan tes ride touring itu td performa all motor bisa diekspos sekaligus dengan cara yg safety…
ada polisi ambulan hahah
mungkin tes skutik dengan muter” sirkuit sudah mainstrem
kaya pabrik motor yg tes disirkuit pribadi malah realnya byk yg eror
Aneh yaaa…Dulu vario 125 turing sampe bali ga ada yang protes, lha ini? Ente dari AHM ato dari vendornya bro….
haha lha sabendino liwat , btw gowo vario wtf liwat kono jek penak rasane, nak dibanding mega proku
#jujur
kl dr idealisme penulis si fine2 aja tulisannya, mlh bgs utk masukkan pabrikkanR2 mananpun di Indonesia. kl dr sudut bisnis jg tdk mslh test ride smcm ini, toh dr segi safety sdh di persiapkan dgn baik oleh pabrikkan..
kl sy pribadi mlihat ini sbgai sarana promosi utk uji durabilitas produk baru tsb, krn sblumnya produk ini sdh di test konsumsi bbmnya oleh ITB di dlm sirkuit, yg smp saat ini bny trjadi prdebatan atas hasil test trsebut, jd tdk ada mslh utk test ride sesungguhnya di jln umum, mnimbang bhwa kontur jln di republik ini bervariasi, tdk melulu di dominasi jln yg rata dan lurus.
krn itulah, test ride semacam ini diperlukan krena motor2 injeksi di jejali brbagai mcm sensor, dgn test ride spt ini akan ktahuan margin error dr produk tsb sberapa bny dr claim pabrikkan. dpt di buktikkan dgn tulisan dan feedback dr blogger2 yg ikut serta test ride produk ini.
yg pnting slm tidak ada slogan ataupun ajakkan utk menantang adu kebut dgn produk lain atw touring jarak jauh bersama produk ini, brarti test ride dan sarana promosi semacam ini msh dlm tahap wajar.
karena yg nulis kesurupan…
ahahahahaha
Wah ni mah bloger iri,,iri tanda tak mampu gan,,, smpean ini mau jadi bloger apa farhat?tukang kritik… Gak bermutuu banget,,mau tu matic di pake touring ke,nyemplung di banjir ke,,hak pabrikan donk,,emng nya nyusain situ,,mnta dana ke situ… Yamaha tu cmn mau buktiin,injektornya gak minim sensor… Lagian yg ikut juga jurnalis n bloger2 kawakan,,ga ada tuh yg nulis kayak nte…emng tong kosong nyaring bunyinya,,wkwkw
jozz,py pogung?kbre?
yang penting bisa ngebut
http://roda2blog.com/2014/01/30/cuma-ada-di-jakarta-jangan-di-indonesia-kan/
wkwkwkwk, terserah yang naik gaan 😀
Mungkin karena keluarnya artikel ini pas rame2 nya touring gt 125 yak, mohon dimaafkan, karena keterbatasan saya blog ini baru berjalan 6 hari.
Kalok feedback menurut saya ngga dari test ride seperti ini, ini murni riding impression, feedback datangnya dari bengkel resmi, dan dari survey internal dalam jangka waktu yang telah di tentukan. CMIIW ya, kalok saya salah tolong diingatkan 😀
iya kah mass?? tak mampir warung njenengan dulu ya 😀
Saya dulu sudah protes bro.. sebagai komentator 😀
Monggo masbro…
Hati pas podo karep’e brarti 🙂
Sangat logis gan, 😀
oh iya, ketika pabrikan sudah melaunching produknya, berarti produk tersebut sudah working well, dan feedback yang diambil dari jaringan aftersalesnya, bengkel resmi serta dari survey internal. 😀
Sedangkan pengetesan oleh media, hanya untuk mengetahui impresi mengemudi saja, dan sebagai promosi, dalam pandangan saya, jika mengukur impresi via touring kurang bisa diterima, karena sejatinya kendara tersebut bakal digunakan di dalem kota, 😀
pasti cuma liat gambar saja, belum baca tulisanya… 😀
banjir dab.. hahahaha
Ahahahahahahaha…..
dulu ada bebek keliling nusantara ente ga ribut ribuan kilo lg skrng matic cm ratusan kilo ente ribut biasa ajah kalee
huhauhauahaa.. baca baik baik, semua pabrikan broo… bukan cuma 1 – 2
salah fungsional apa salah strategi pasar ya,,
=========
http://motozhein.wordpress.com/2014/01/31/sponsor-baru-yamaha/
ada bbrp pertanyaan yang agak mengganjal nih bro terkait tulisan ini
1. ide judul seperti di atas dapat dari mana..??
2. touring masuk kategori test produk gak..??
3. dulu ada test suzuki shogun ngebut di sirkuit bbrp jam non stop dengan rata2 di kecepatan tertentu. menurut bro utk unit baru, mending test seperti shogun tersebut atau model touring jika dilihat dari sisi safety..??
4. kalo utk touring saja unit tersebut mampu bertahan dengan baik, maka bisa dipastikan jika digunakan di gang-gang, di dalam kota, di kemacetan, juga akan baik2 saja. namun blm tentu sebaliknya. imho. nah menurut bro sendiri gmn..??
rasanya, tidak semua user yang membeli matic digunakan utk dalam kota. nah user yang seperti ini yang membutuhkan informasi seperti touring jarak jauh
btw saya punya bebek (jupiter burhan) dan matic (vario 125). kalo untuk belanja ke pasar atau kebutuhan yang lain (galon, gas, dsb) saya lebih memilih membawa bebek karena dengan penambahan ‘cantolan’ pengganti baut di tengah/samping, bisa membawa barang lebih banyak. utk vario 125, elpiji 3 kg aja gak bisa masuk pas di tengah, apalagi galon… jadi matic ini buat saya bukan utk ke pasar hihihiihhh
Gw baca lah tulisan lo dari awal smpe akhir…,mkanya ggw bbs comment..n lo tu gak nyambung,,lo yg pprotes lo yg jawab… Emng nya yg beli matic,khususnya skrg gt 125 org kota doank…hellloooo banyak org kampung,,yg tinggal nya di gunung pake matiic. Coy,,n touring itu bnr2 ngeyakinin bngt klo ni matic oke bs di ajak ke segala knsdisi, lo harus inget,,lintasan mungkin bs di buat,,tp kondisi alam yg gak bs di buat… Hadeuh…lo mahasiswa tp gak nyampe mikir doank kesana,,, mending lo tnya bloger2 senior,,ada keluh kesah ga atau terrpaksa ikutt tourring nya???semua nya nyeritain happy,,, krna mereka2 jadi tau..kayak gmn sih matic khusunya gt125 di ajk turring jrk jauh… Cape deh
Yaaaa.. bagaimana pembaca saja om 😉
1. Dateng sendiri
2. Dalam konteks yang saya bahas tidal, its just driving impresion
3. Keduanya cuma buat promosi saja, Dari safety semuanya safety,
4. Dayatahan sebenernya bisa di uji lewat banyak cara, sesuai peruntukanya, skutik buat city ride 😀
Sedangkan turing yang dilakukan pabrikan, murni promosi. IMHO 😀
Hahahahaa.. mosok? setau saya yang di gunung kebanyakan pakek GL, RX king, win.. heloooo
Saya protest juga ngasih alternatif gan, hahaha
Kalok di lihat dari sisi pandangan anda, “matic ini bisa untuk segala kondisi”, yo beda sama saya.. “matic yang ada disini itu ya buat jarak pendek”.
Kalo anda mau emang udah seneng banget sama matic ya silahkan, mudik pake matic, keluar kota pake matic, bahkan lintas pulau pake matic, wkwkwkwk
Ane mau ngelurusin mas.
Matic memang dulu cocok buat jarak pendek karena konsumsi bensin boros dan tangki yang kecil. Tapi, pabrikan tahu kalo kebanyakan malah sebagian besar makai jarak jauh. Makanya di desain lebih banyak kapasitas tangki dan lebih dicoba irit. Walau ban cuma ukuran 16″. Rata” memang pada buat mudik. Ini terutama bagi mereka yang tidak mampu beli sport dan mereka yang pengen yang simpel.
Untuk fenomena di pegunungan, di kalimantan banyak matic kang. Di malang juga banyak. Kalau ada anggapan matic tidak ada di gunung, ya itu cuma berlaku dulu. Sekarang berbeda.
ATPM membuat ajang test ride jarak jauh adalah ada benarnya. Memang sih, matic ideal buat jarak pendek. Tapi, itu dulu pas ukuran tangki BBM cuma dikit. Sekarang, matic-matic pada injeksi, irit dan bisa buat jarak jauh BBM’nya. Contoh : Vario ISS, iritnya ane acungin jempol deh. Punya temen aja 80km PP abis sekitaran 10000 rupiah’an lah, Tangkinya gede. Matic sekarang sudah diuji kenyamanan, ergonomi, dan suspensi diperhatikan lebih sempurna.
Saran buat agan adalah, ajaklah pembaca berinteraksi, saling sharing, saling berbagi ilmu. Usahakan agar pengunjung tidak menjudge anda dengan kata” “iri, FBH, FBY, dkk”. Blogsphere otomotif itu banyak juga orang yang pada gila merek, jadi hati-hati.hehehe 😀
Tanggapi semua kritikan dengan bahasa yang serius tapi santai. Biar mereka tidak malah tambah panas lagi 🙂
T O P, B G T
Yup, makasih saran dan sharingnya nya mas… 😀
Yg punya warung wawasannya masih sangat sempit… jadilah orang yg lebih bijaksana, jangan langsung menjudge sesuatu yg tdk berkenan di hati ente. Setiap orang punya seleranya masing2. Jaman skrg semuanya telah mendekati multifungsi atau multi purpose contoh : mulai dari handphone, tablet sampai dng kendaraan city car, motor metic dsb. Siapa sangka hp skrg bisa dibuat buka program office xl lengkap dng rumus2nya . Dan city car ga boleh jalan jauh?? Wkwkwkw… konyol namanya bro…
yup bro, thanks masukannya, sangat membangun untuk kedepannya 😀
Beginilah kalo pandangan sempit tapi pegang tulisan….Wkwkwk….Saat kompetitornya melakukan sesuatu langsung di attack…
Tentunya penulis membahas dari sudut pandang penulis, bukan dari sudut pandang pabrikan,
Pabrikan intinya mah penginnya jualanya laku, mau macet kek, mau buat mudik kek, mau digletakin aja, serah yang beli. 😀
mungkin jd bukti bhw metik di indo itu setrong bgt.. naik turun gunung pun oke..
Yups! Promosi!
Ups.. Sory.. komen yang intinya insulting dan flaming tanpa ada niat diskusi saya delete.. silahkan baca dulu artikel dan komentarnya, prove that youre a man bro 🙂
1. sip
2. driving impression sih gak perlu jarak jauh kayaknya
3. sip
4. nah bisa jadi salah satu cara nya adalah melalui touring. kalo iya, berarti gak masalah dong heheheh.
skutik buat city ride..?? pembahasan di atas kayaknya belum ada batasan soal skutik yang seperti apa kan.. wah sial tuh pabrikan yang bikin skutik gede seperti pcx, ferza, majesty atau malah tmax
perkembangan selalu terbuka bro. skutik bukan hanya untuk city ride apalagi bawa galon
Lha mas gimana dengan fotone sampeyan yang lagi numpak megapro di sawah atau di padang rumput itu, kira2 bisa jadi analogi juga ndak?
That isnt driving impresion,
Selain promosi apa sih untungnya test ride touring?
Bahkan pabrikan sendiri menghimbau, jangan pergi jauh pakai skutik karena skutik di desain buat jarak pendek 😀
Perkembangan memang pasti ada, skutik grand touring udah saya selipkan dibawah tuh kelewatan ya?
Kritik buat mas penulis, Ini artikel di share di blog untuk dibaca khalayak umum, tapi koq kurang mendidik ya. Panjenengan (anda) kelihatan banget minim pengalaman, minim pengetahuan dan minim “unggah Ungguh” (kesopanan) dalam menyampaikan pesan. Saya pengunjung baru di Blog anda, rencana mau saya bookmark untuk berkunjung tiap hari, tapi maaf saya black list saja, sebagai blog yang kurang baik untuk dibaca. Semoga membangun dan ada rasa “ngilo Gitok mu” (instropeksi) dan mau belajar dan jangan arogan.
Nggih mas, maturnuwun masukanya, 🙂