Apasih keunggulan 4 Valve dibandingkan 2 Valve, kok Moto GP, WSBK, pakai 4 Valve semua, kok ngga ada yang pakai 2 Valve ya??? Bahkan ada yang menggunakan 5 Valve!! Mari Kita simak ulasannya ala Rezaholic, #oranyambunggg
Pembaca yang pakai kendaraan 4 tak, pasti pernah denger atau malah pernah baca kata “valve”, kalo dulu biasanya nemplok di samping body mobil zebra, corolla, charade, wkwkwk
Sebenernya ngga ada yang salah, baik penerapan 2 Valve maupun 4 Valve pada kendaraan, semua tergantung kebutuhan, tergantung bagaimana kendaraan itu akan di gunakan ๐
Namun, ada satu kerugian yang menjadi momok dalam penerapan 2 Valve, yaitu diameter klep, diameter klep yang diterapkan pada sistem 2 Valve sangat terbatas, misalnya seperti gambar yang penulis buat, untuk piston 58 mm, diameter yang bisa dimasukan hanya 31.5 mm pada valve in, dan 26 mm pada valve out.. ๐
Coba bandingkan dengan konfigurasi 4 Valve ini :
Disini keunggulan 4 Valve, dengan ukuran mangkuk konfigurasi ini bisa menggunakan ukuran klep yang jauh lebih besar dari 2 klep , ketika 2 valve cuma mentok di 31,5 mm dan 26 mm… konfigurasi 4 Valve bisa mengakomodasi 2 buah klep 24 mm dan 2 buah klep 21 mm, atau setara 34 mm dan 31mm jika di konversikan kedalam sistem 2 valve, ๐
Konversi 4 klep jadi 2 klep:
Diameter klep awal adalah 2 x 24mmย
3,14 x 12 x 12 = 452,16. karena klepnya ada 2 biji makaย 452,16 x2 = 904,32
konversi 1klep, tinggal dibalik
904,32 = 3,14 x Z x Z
Z = 16,97
Diameter = Z x 2 =ย 33,94 mmย digenapkan jadiย 34mm
Berarti 2 Valve jelek dong, Lebih bagus 4 Valve?
Belum tentu gan.. untuk menggerakan 4 Valve, dibutuhkan gaya yang lebih besar dari 2 Valve, cobaa… sekarang.. kita sederhanakan hitunganya gan, 1mm = 1 gram, misalnya jika klep 24mm beratnya 24 gram, klep 21mm beratnya 21 gram,
Beban 4 Valve = (2 x 24 ) + (2 x 21) = 90
Berarti beban untuk menggerakan 4 Valve sejumlah 90 gram..
Beban 2 Valve = 34 + 31 = 65
Sedangkan beban ketika menggerakan 2 Valve cukup dengan 65 gram saja..
Keduanya punya keunggulan masing masing, ๐
Selanjutnya Penulis Bakal Bahas Kenapa Moto GP Selalu menggunakan Multi Valve, Bukan hanya 2 Valve
Sooo.. Stay Tuned On Rezaholic.wordpress.com,ย Ciaooooo ๐
keluar masuknya gas, lebih lancar 4 valve#CMIIW
Betulll ๐
makin banyak valve perawatannya juga pasti lebih sulit ya
Betul sekali, kalo skir klep, kerjanya double mas ๐
ikut nyimaks
http://aripitstop.wordpress.com/2014/02/05/sampai-jumpa-di-turing-r15-begitu-ucapan-yutaka-terada-direktur-pemasaran-eksekutif-yimm/
2 katup cocok buat usaha atau harian normal. kalo 4 katup utk yg lagi senang peforma
monggoo .. ๐
Tunggu Part 2 gan.. ๐
postinganya cakep. ilmunya manteb . .
gas pol gan, pake 6 klep. haha . .
http://arrayprojects.wordpress.com/2014/02/05/antara-honda-yamaha/
nah… blm lg kalo 4katup dohc vs sohc :p
masdaniblog.wordpress.com/
Ajibbbbb… ๐
untuk harian 2 valve cukup.
2 klep apache kenceng juga kok.
pilih 4 klep lah.. lah makainya itu…
http://agoey.wordpress.com/2014/02/06/sony-xperia-2012-tidak-dapat-update-os/
ditunggu ulasanya gan.. ๐
betul ๐
Kenceng bangeet, tunggu ulasan selanjutnya gan ๐
dipilih dipilih
irit dua valve ๐
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/02/06/test-ride-kawasaki-new-ninja-150-rr-2014/
oh iya bener juga…kan ukurannya jari2 kuadrat yak… pantesan ga bisa asal tambah…hahaha
Yups betul gan ๐
Pingback: 4 Valve vs 2 Valve (Part 3): Motor Saya Cuma 2 Valve Kok kencang? | RezaHolic!!