4 Valve VS 2 Valve (Part 1)

Apasih keunggulan 4 Valve dibandingkan 2 Valve, kok Moto GP, WSBK, pakai 4 Valve semua, kok ngga ada yang pakai 2 Valve ya??? Bahkan ada yang menggunakan 5 Valve!! Mari Kita simak ulasannya ala Rezaholic, #oranyambunggg :mrgreen:

Pembaca yang pakai kendaraan 4 tak, pasti pernah denger atau malah pernah baca kata “valve”, kalo dulu biasanya nemplok di samping body mobil zebra, corolla, charade, wkwkwk :mrgreen:

2 Valve

2 Valve

Sebenernya ngga ada yang salah, baik penerapan 2 Valve maupun 4 Valve pada kendaraan, semua tergantung kebutuhan, tergantung bagaimana kendaraan itu akan di gunakan ๐Ÿ˜€

Namun, ada satu kerugian yang menjadi momok dalam penerapan 2 Valve, yaitu diameter klep, diameter klep yang diterapkan pada sistem 2 Valve sangat terbatas, misalnya seperti gambar yang penulis buat, untuk piston 58 mm, diameter yang bisa dimasukan hanya 31.5 mm pada valve in, dan 26 mm pada valve out.. ๐Ÿ˜€

Coba bandingkan dengan konfigurasi 4 Valve ini :

4 Valve

4 Valve

Disini keunggulan 4 Valve, dengan ukuran mangkuk konfigurasi ini bisa menggunakan ukuran klep yang jauh lebih besar dari 2 klep , ketika 2 valve cuma mentok di 31,5 mm dan 26 mm… konfigurasi 4 Valve bisa mengakomodasi 2 buah klep 24 mm dan 2 buah klep 21 mm, atau setara 34 mm dan 31mm jika di konversikan kedalam sistem 2 valve, ๐Ÿ˜ˆ

Konversi 4 klep jadi 2 klep:

Diameter klep awal adalah 2 x 24mmย 

3,14 x 12 x 12 = 452,16. karena klepnya ada 2 biji makaย 452,16 x2 = 904,32

konversi 1klep, tinggal dibalik

904,32 = 3,14 x Z x Z

Z = 16,97

Diameter = Z x 2 =ย 33,94 mmย digenapkan jadiย 34mm

Berarti 2 Valve jelek dong, Lebih bagus 4 Valve?

Belum tentu gan.. untuk menggerakan 4 Valve, dibutuhkan gaya yang lebih besar dari 2 Valve, cobaa… sekarang.. kita sederhanakan hitunganya gan, 1mm = 1 gram, misalnya jika klep 24mm beratnya 24 gram, klep 21mm beratnya 21 gram,

Beban 4 Valve = (2 x 24 ) + (2 x 21) = 90

Berarti beban untuk menggerakan 4 Valve sejumlah 90 gram..

Beban 2 Valve = 34 + 31 = 65

Sedangkan beban ketika menggerakan 2 Valve cukup dengan 65 gram saja..

Keduanya punya keunggulan masing masing, ๐Ÿ˜€

Selanjutnya Penulis Bakal Bahas Kenapa Moto GP Selalu menggunakan Multi Valve, Bukan hanya 2 Valve

Sooo.. Stay Tuned On Rezaholic.wordpress.com,ย Ciaooooo ๐Ÿ˜€

22 thoughts on “4 Valve VS 2 Valve (Part 1)

  1. Pingback: 4 Valve vs 2 Valve (Part 3): Motor Saya Cuma 2 Valve Kok kencang? | RezaHolic!!

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s