Test Ride: Top Speed dan Akselerasi CB 150 On GPS!

Pagi gan.. setelah tukeran Verza penulis dituker CB sama si maho kemaren, akhirnya penulis mau review top speed CB saja yaaa… :mrgreen:

Josss

Josss

Track :

Track : RingRoad Utara Jogja, Monumen Jogja Kembali – Jalan Kaliurang

Length : 1,4 Km

Time : 00.00 – 02.00

Rider :

Penulis sendiri, 160 cm/60 kg :mrgreen:

Kok Item semua gan, wkwkwk

Kok Item semua gan, wkwkwk

Kenapa sih milih jalur ini? pertama jalur ini datar banget… lebarrr… mulusss.. ngga ada lubang sama sekali, peneranganya juga sangat mumpuni. Selain ituu kalau malem jalur ini super sepi, ngga ada ceritanya orang nyelonong karena ada pembatas jalan…walaupun ada 1 tikungan S, namun tikungannya sangat ajib karena bisa dilalui dengan full speed full throttle!! 😀

Okey… begitu sampai di awal track, penulis langsung minggir, cari posisi buat start, 😀

Penulis cek GPS, sipppp… 😀

Lalu penulis masukin Gigi 1, Penulis tarik kopling, kemudian putar selongsong gas dan penulis tahan di 8000 rpm, agar mendapatkan torsi maksimal saat start…. Siap siap.. Jesssss!!! Penulis lepaskan tuas kopling dan CB 150 sukses penulis buat wheelie!!! 😈

Edan, tarikan bawah nya maut bangettt!! panteng sampai 10.500 rpm shifting ke gigi 2!! ajib….. masih nampol…. tarik lagi sampai 10.500 rpm lalu shifting ke gigi 3, dan gigi 4.. gila udah 100 Kmh lebih gan!! tunggu sampai rpm 10.500 penulis shifting ke gigi 5, angka di speedometer menunjukan 117 Kmh, sampai sini sudah mulai berat naik..!! penulis semakin menunduk, mendekap tanki… perlahan… angka speedometer sukses menembus 124 Kmh!!! Tarik tuas rem.. sambil minggir perlahan, manteb tenan… 😀

Result :

Result

Result

Woowww! Walaupun panjang trek mencaai 1,4 Kilometer, namun aktualnya panjang trek yang penulis pakai untuk berakselerasi hanya sekitar 1 km saja dalam GPS tertulis 930 meter, Top speed mencapai 109.1 km/h, sedangkan di speedometer berada diangka 124 km/h, berarti ada simpangan speedometer 12 %, lumayaaan juga broo simpangan dan akselerasinya!!.. 😀

Result

Result

Dalam berakselerasi 0-60 km/h CB 150 ini bisa mencatat 4.15 detik!! dan 0-100 km/h hanya 14.89 detik!!, lalu untuk jarak 1/8 mile atau sekitar 200 meter, CB bisa mencatatkan 11.14 detik dengan kecepatan 91.91 km/h, sedangkan jarak 1/4 mile sekitar 400 meter, cibi ini bisa mencatatkan wakti 18.44 detik dengan speed 103.16km/h….. sangarrrr banget mas brooo… tarikannya bener bener nampol buat motor 150 cc… 😀

Akselerasi tiap Km/h

Akselerasi tiap Km/h

Yupp.. sesuai yang penulis rasakan, aksel baby CB ini sangat galak di awal, namun cukup kalem putaran atasnya!! terlihat dari data akselerasi, untuk kecepatan 0-80 km/h akselerasi cb ini ajib.. perpindahan tiap 10km/h hanya dibawah 2 detik!! namun untuk berakselerasi 80 kmh keatas akselerasi mulai menurun cukup drastis.. drastis banget buat ukuran mesin 4 Valve dengan Klep 24/21 mm :mrgreen: oiya, karakter seperti ini cocok banget buat perkotaan yang butuh aksel ganas di putaran bawah!!

Grafik Akselerasi

Grafik Akselerasi

Okey.. jika dilihat dari grafik akselerasi sangat terlihat kalau akselerasi bawah motor ini sangat nampol diputaran bawah, perlahan tapi pasti putaran mesin terus naik hingga braking point!!

Last but not least…

Dalam sudut pandang penulis, motor ini cocok banget buat comuter dan ditekuk tekuk di dalem kota, sesuai data, akselnya nendang banget.. btw buat cornering high speed motor ini anteng banget lhooo.. ngga goyang sama sekali.. manteb dah 😀

Jujur penulis agak heran, ngapain juga AHM ngasih nafas panjang panjang di motor ini, kalo putaran atasnya kurang bertenaga??? :mrgreen:

Does Anyone Know?? :mrgreen:

64 thoughts on “Test Ride: Top Speed dan Akselerasi CB 150 On GPS!

  1. Tri_Aja_Gunung_Kidul

    lumayan banter mas kui..
    pernah ngetest punya temen ..emang rasanya putaran bawahny lebih nampol dr vixy’07 ku ..kl putaran atas yo 11/12 lah

  2. vai

    kok panjang trek bedanya jauh ya?(1,4 vs 0.85) mungkin aplikasi gps nya kurang akurat bro.. coba pakai racelogic bakalan lebih valid nih..

  3. rezaholic Post author

    Bukan 0,85 bro, tapi 0,93 atau 930 meter
    Cukup Akurat menurut penulis, Penulis sendiri ambil start sekitar 100-150 meter setelah perempatan, jika start pas di perempatan sangat riskan menurut penulis pribadi, dan braking point sekitar 300 meter sebelum persimpangan selanjutnya.

    Soo.. 1,4 Km itu sudah termasuk braking area nya, track yang di gunakan untuk berakselerasi memang hanya sekitar 1Km saja, sudah penulis jelaskan di artikel juga kok 😀

  4. wisnu3ds

    kalo aplikasi gratis sih mang agak ragu masbro…minimal mbayar lah….bener kata bro kobays racelogic…hehehe,,,atau yg dipake TMC..diablo2 apa gtu..ah kurang paham….coba aja aplikasi gratisan kaya camera 360…kan keakuratan cantik sesorang perlu dipertanyakan….wakakakaka….

  5. surya

    lemah sekali ya dohc ini,, sudah lemah boros pula..

    kalau nvl, jarak segitu udah dapet top speed jauh di atas itu, irit pula..

  6. badak

    boleh request ga bro ,coba ditest acclerasiy tapi pake premium(minuman montorku sehari2)
    da bedanya ga ma minum pertamaxxx

  7. sarindil

    **************************************
    Gigi 6 buat jalan mundur Om…
    Jd ati2 pas gigi 5..jgn kebablasan…
    Tar langsung mundur lohh….
    **************************************

  8. sarindil

    11rb malah cbsf nya memble om… kalo cbr 11rb makin nendang…
    cbsf biar nendang wajib pake knalpot racing…

  9. Arief Sujatmiko

    masak nunduk cuma dapat segitu om, kemungkinan kurang lama di top speednya jadi pas gps ngerefresh yg kena speed sblm top speed sama sesudah braking, ane kemarin lewat jalur selatan dari kebumen ke bantul lewat srandakan santai aja asal ngegas dpt 128 kpj kok, pdhl tanki full premium masih setengah, bawa tas dan ban dah diubah ke irc 120/70…

  10. zizi

    Pantes awalnya bingung, di majalah R2 top speed 130kpj disalip ama kompetitor yg jalan 128 kpj..
    Spidonya gituu…

  11. rezaholic Post author

    Kebetulan penulis juga udah nonton video yang di youtube itu, dapet 153 km/jam dengan sedikit upgrade kan mas 😀

    Tadinya penulis berharap bakalan ngerasain seperti di video tersebut, Tapi yang penulis coba malah mirip dengan yang di video ini mas:

    Mohon maaf kalo penulis kurang lengkap memberikan datanya, tidak dilengkapi video pribadi 😀

  12. rezaholic Post author

    Sensor speedometer CB kan berada di roda depan, jadi yang sebesar apapun ukuran roda belakangnya tidak berpengaruh terhadap akurasi mas.. kecuali jika roda depan di ganti lebih besar, maka akurasinya sedikit meningkat 😀

  13. Arief Sujatmiko

    oh gitu toh baru tahu aku mas aku kira kayak supra x 125 r dulu sensornya dipasang di dalam mesinnya, tapi itu cbnya km brp mas? aku dulu jg gitu pas awal2 make ban standar cuma dpt 119 kpj pas km masih seribuan on speedo tapi kemarin pas lewat srandakan bisa dpt 128 kpj km dah 5 ribuan, mungkin ban belakang bawaan cb kurang ngegrip..

  14. rezaholic Post author

    CB nya februari 2013 mas, kilometer 5 ribuan, saya lupa tepatnya di kilometer berapa 😀

    karena perbedaan trek mungkin mas, penulis cuma dapat trek sepanjang 1Km, jadi kurang maksimal dalam mengeksplor kemampuan maksimal CB nya 😀

  15. 46sukses.com

    Jgn lupa full do’a sblum gas poll..la top speed nya kok sak gitu yak..katanya putaran atasnya nendang kayak siluman..hehehe apa mtornya lum di servis?
    *y wis ..di tunggu hasil tes mtor2 lainnya.jozzzz

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s