Pagi gan.. setelah tukeran Verza penulis dituker CB sama si maho kemaren, akhirnya penulis mau review top speed CB saja yaaa…
Track :
Track : RingRoad Utara Jogja, Monumen Jogja Kembali – Jalan Kaliurang
Length : 1,4 Km
Time : 00.00 – 02.00
Rider :
Penulis sendiri, 160 cm/60 kg
Kenapa sih milih jalur ini? pertama jalur ini datar banget… lebarrr… mulusss.. ngga ada lubang sama sekali, peneranganya juga sangat mumpuni. Selain ituu kalau malem jalur ini super sepi, ngga ada ceritanya orang nyelonong karena ada pembatas jalan…walaupun ada 1 tikungan S, namun tikungannya sangat ajib karena bisa dilalui dengan full speed full throttle!! 😀
Okey… begitu sampai di awal track, penulis langsung minggir, cari posisi buat start, 😀
Penulis cek GPS, sipppp… 😀
Lalu penulis masukin Gigi 1, Penulis tarik kopling, kemudian putar selongsong gas dan penulis tahan di 8000 rpm, agar mendapatkan torsi maksimal saat start…. Siap siap.. Jesssss!!! Penulis lepaskan tuas kopling dan CB 150 sukses penulis buat wheelie!!! 😈
Edan, tarikan bawah nya maut bangettt!! panteng sampai 10.500 rpm shifting ke gigi 2!! ajib….. masih nampol…. tarik lagi sampai 10.500 rpm lalu shifting ke gigi 3, dan gigi 4.. gila udah 100 Kmh lebih gan!! tunggu sampai rpm 10.500 penulis shifting ke gigi 5, angka di speedometer menunjukan 117 Kmh, sampai sini sudah mulai berat naik..!! penulis semakin menunduk, mendekap tanki… perlahan… angka speedometer sukses menembus 124 Kmh!!! Tarik tuas rem.. sambil minggir perlahan, manteb tenan… 😀
Result :
Woowww! Walaupun panjang trek mencaai 1,4 Kilometer, namun aktualnya panjang trek yang penulis pakai untuk berakselerasi hanya sekitar 1 km saja dalam GPS tertulis 930 meter, Top speed mencapai 109.1 km/h, sedangkan di speedometer berada diangka 124 km/h, berarti ada simpangan speedometer 12 %, lumayaaan juga broo simpangan dan akselerasinya!!.. 😀
Dalam berakselerasi 0-60 km/h CB 150 ini bisa mencatat 4.15 detik!! dan 0-100 km/h hanya 14.89 detik!!, lalu untuk jarak 1/8 mile atau sekitar 200 meter, CB bisa mencatatkan 11.14 detik dengan kecepatan 91.91 km/h, sedangkan jarak 1/4 mile sekitar 400 meter, cibi ini bisa mencatatkan wakti 18.44 detik dengan speed 103.16km/h….. sangarrrr banget mas brooo… tarikannya bener bener nampol buat motor 150 cc… 😀
Yupp.. sesuai yang penulis rasakan, aksel baby CB ini sangat galak di awal, namun cukup kalem putaran atasnya!! terlihat dari data akselerasi, untuk kecepatan 0-80 km/h akselerasi cb ini ajib.. perpindahan tiap 10km/h hanya dibawah 2 detik!! namun untuk berakselerasi 80 kmh keatas akselerasi mulai menurun cukup drastis.. drastis banget buat ukuran mesin 4 Valve dengan Klep 24/21 mm oiya, karakter seperti ini cocok banget buat perkotaan yang butuh aksel ganas di putaran bawah!!
Okey.. jika dilihat dari grafik akselerasi sangat terlihat kalau akselerasi bawah motor ini sangat nampol diputaran bawah, perlahan tapi pasti putaran mesin terus naik hingga braking point!!
Last but not least…
Dalam sudut pandang penulis, motor ini cocok banget buat comuter dan ditekuk tekuk di dalem kota, sesuai data, akselnya nendang banget.. btw buat cornering high speed motor ini anteng banget lhooo.. ngga goyang sama sekali.. manteb dah 😀
Jujur penulis agak heran, ngapain juga AHM ngasih nafas panjang panjang di motor ini, kalo putaran atasnya kurang bertenaga???
Does Anyone Know??
mantap
jossss
trus gigi 6 buat apa..??
Overdrive gaan
waaah jos bro, coba klo treknya lbh panjang, psti lbh mnteb, daerah itu emg sering org ngebut
http://irza4627.wordpress.com/2014/02/13/kalau-new-apache-rtr-seperti-ini-gimana/
yoi gan.. nafasnya masih ada.. tapi kurang bertenaga… 😀
mbien ketoke si yoyok in rayen e ra pener iki nek top speed e memble…wkwkwkwk…aku belum nyoba top speed sih kmaren pas test ride…tapi emang keknya pas habis shift ke gigi 5 di kecepatan 110 an naiknya agak lama
http://lovemybike.wordpress.com/2014/02/13/sinyalemen-r15-bakal-makan-saudara-kandung-pun-muncul/
mantep tenan
http://aripitstop.wordpress.com/2014/02/14/tantang-nyalimu-prolink-honda-cb150r-streetfire-yang-rusak-bukan-recall-tapi-silent-recall-bisa-jadi-ayo-buruan-ngantri-di-ahass/
hahahahaa, motor galak! tapi yang punya lebih galak! apalagi pas reyen, bener ngga dab?
yoi mas bro…
Test : Aksel dan Top Speed CB 150, komuter banget bro!
https://rezaholic.wordpress.com/2014/02/14/test-ride-top-speed-dan-akselerasi-cb-150-on-gps/
jarene pas rayen ketemu satria alay dioyak, pantesan ae 😆
Buanterrr tenan 😀
http://potretbikers.com/2014/02/14/diperkirakan-ada-letusan-susulan-g-kelud/
wealah jogjane ngendi kang hehehe
http://belalangmerah.wordpress.com/2014/02/14/gunung-kelud-meletus-mari-berdoa-bagi-saudara-kita-yang-sedang-terkena-musibah/
pogung kang,
Lor apa kidul? Weleh2x pogung to…masih sekota neh wkwkwkwk
pogung lor mas, mepet ring road
oalah, mas belalang jogjane pundi mas?
oalah pogung lor?mbien penak dino lewat hehehe…aq cman depan purawisata kq kang hehehe
Wohhh lengkap… Dowload ah race droid keknya oke…
Aku kapan ya tes…
http://kobayogas.com/2014/02/12/morning-riding-with-mv-agusta-brutale-1090-neraka-bagi-tangan-kiri/
Gak jadi ah, cuma dapet 4 star, akurasinya dipertanyakan hehehe…
——
http://kobayogas.com/2014/02/12/night-riding-with-mv-agusta-brutale-1090/
Yang ini lebih akurat dari yang buat ngetest shogun kemaren 😀
lumayan banter mas kui..
pernah ngetest punya temen ..emang rasanya putaran bawahny lebih nampol dr vixy’07 ku ..kl putaran atas yo 11/12 lah
Persis seperti yang saya rasakan mass 😀
salah satu keunggulan DOHC…putaran tinggi nya nampol
mantap lengkap bro.
kok panjang trek bedanya jauh ya?(1,4 vs 0.85) mungkin aplikasi gps nya kurang akurat bro.. coba pakai racelogic bakalan lebih valid nih..
Bukan 0,85 bro, tapi 0,93 atau 930 meter
Cukup Akurat menurut penulis, Penulis sendiri ambil start sekitar 100-150 meter setelah perempatan, jika start pas di perempatan sangat riskan menurut penulis pribadi, dan braking point sekitar 300 meter sebelum persimpangan selanjutnya.
Soo.. 1,4 Km itu sudah termasuk braking area nya, track yang di gunakan untuk berakselerasi memang hanya sekitar 1Km saja, sudah penulis jelaskan di artikel juga kok 😀
kalo aplikasi gratis sih mang agak ragu masbro…minimal mbayar lah….bener kata bro kobays racelogic…hehehe,,,atau yg dipake TMC..diablo2 apa gtu..ah kurang paham….coba aja aplikasi gratisan kaya camera 360…kan keakuratan cantik sesorang perlu dipertanyakan….wakakakaka….
coba bandingkan ama data new vixi gan,,klaw ada kesempatan tentunya 😀
Sebenernya Aplikasi Gratis ngga jelek kok, racelogic sendiri juga input data berdasarkan GPS sama dengan racedroid 🙂
Oiya pake aplikasi ini juga karena review dari mas taufik disini mas, dan beliau sendii bilang sangat akurat:
http://tmcblog.com/2011/02/16/manfaatkan-gadget-android-mu-untuk-mengukur-performa-motor/
wkwkwkwkwk.. kamera 360 memang diciptakan untuk menipu..
woooo..ciamik yah kalo gtu…
yups.. 😀
Semoga new vixi dan motor motor lainnya, dalam waktu dekat ini rencananya Verza… 😀
selisih topspeed 5 km/ h thok dari mx 2005 ku
arep njajal montor nang monjali kok isih kemebul dalane yo?
lemah sekali ya dohc ini,, sudah lemah boros pula..
kalau nvl, jarak segitu udah dapet top speed jauh di atas itu, irit pula..
iya tadi malem masih uenak buat ngebut..
boleh request ga bro ,coba ditest acclerasiy tapi pake premium(minuman montorku sehari2)
da bedanya ga ma minum pertamaxxx
sama empunya ngga boleh diisi premium gann… hihihihihi
**************************************
Gigi 6 buat jalan mundur Om…
Jd ati2 pas gigi 5..jgn kebablasan…
Tar langsung mundur lohh….
**************************************
Top speed CBSF sekitar 130an….
Kok sama kaya vixi…
kalo ada ksmpatan nyoba lagi, shiftingnya di kisaran >11.000 masbro sebelum limiter biar topspeedmya lebih nendang
Siap gaan 😀
tunda seq pakbro,
walaupun ban mu isih ngegrip, tapi dalane sing isih nggilani,
Nggih mas.. full abu disini 😀
11rb malah cbsf nya memble om… kalo cbr 11rb makin nendang…
cbsf biar nendang wajib pake knalpot racing…
biar tuh motor gak kena asma!
masak nunduk cuma dapat segitu om, kemungkinan kurang lama di top speednya jadi pas gps ngerefresh yg kena speed sblm top speed sama sesudah braking, ane kemarin lewat jalur selatan dari kebumen ke bantul lewat srandakan santai aja asal ngegas dpt 128 kpj kok, pdhl tanki full premium masih setengah, bawa tas dan ban dah diubah ke irc 120/70…
mayan itu gan.. 1km dapet segitu…
Berapa kilo gan? cibi ane pernah nembus 140, cuma isi pertamax doangx, trexna juga panjang
Begitulah adanya mas broo, ndak ditambah atau di kurang kurangi 😀
Pantes awalnya bingung, di majalah R2 top speed 130kpj disalip ama kompetitor yg jalan 128 kpj..
Spidonya gituu…
masak segitu bro, ini salah satu video test top speed cb150r.. https://www.youtube.com/watch?v=S5Z-51wyyyY&feature=youtube_gdata_player
ane tadi sore coba testing make program speed view pas speed 72 kpj on speedo di gps speed view 70 kpj, pas jalan 94 kpj aku lihat max speed di speedview 90 kpj kok, tapi memang di kecepatan segitu paling nggak 3 detik, dan ponsel android ditaruh di saku celana belakang biar ga terganggu sinyal gpsnya..
Ini lagi mas hasil testing iwb, http://iwanbanaran.com/2013/01/18/komparasi-speedometer-honda-cb150r-vs-gps-runtastic/
kalo punya ane make ban belakang ukuran 120/70 lebih besar dari standar 100/80, jadi secara teori selisih 2 kph dari on speedo…
Kebetulan penulis juga udah nonton video yang di youtube itu, dapet 153 km/jam dengan sedikit upgrade kan mas 😀
Tadinya penulis berharap bakalan ngerasain seperti di video tersebut, Tapi yang penulis coba malah mirip dengan yang di video ini mas:
Mohon maaf kalo penulis kurang lengkap memberikan datanya, tidak dilengkapi video pribadi 😀
Sensor speedometer CB kan berada di roda depan, jadi yang sebesar apapun ukuran roda belakangnya tidak berpengaruh terhadap akurasi mas.. kecuali jika roda depan di ganti lebih besar, maka akurasinya sedikit meningkat 😀
oh gitu toh baru tahu aku mas aku kira kayak supra x 125 r dulu sensornya dipasang di dalam mesinnya, tapi itu cbnya km brp mas? aku dulu jg gitu pas awal2 make ban standar cuma dpt 119 kpj pas km masih seribuan on speedo tapi kemarin pas lewat srandakan bisa dpt 128 kpj km dah 5 ribuan, mungkin ban belakang bawaan cb kurang ngegrip..
CB nya februari 2013 mas, kilometer 5 ribuan, saya lupa tepatnya di kilometer berapa 😀
karena perbedaan trek mungkin mas, penulis cuma dapat trek sepanjang 1Km, jadi kurang maksimal dalam mengeksplor kemampuan maksimal CB nya 😀
Jgn lupa full do’a sblum gas poll..la top speed nya kok sak gitu yak..katanya putaran atasnya nendang kayak siluman..hehehe apa mtornya lum di servis?
*y wis ..di tunggu hasil tes mtor2 lainnya.jozzzz
Oke sip mass.. di tunggu verza yaak
sepi ga ada yg nyebrang, takutnya ntar malah kak kunti nyebrang bro. kwekwekwek
http://androidsigli.wordpress.com/2014/02/05/review-13-bulan-pemakaian-nvl/#more-25
Wkwkwkwk, langsung kabur secepat kilat kalo ada kunti..
Hahaha.. tega banget..kuntinya butuh tumpangan malah kabur.. :v
ha??? kalah sama verza wkwkkw
ngga lah, kenceng ini… cuma tarikan bawahnya verza emang lumayan..
Mx king ane dpat 133kpj/jm…