Modifikasi: Meningkatkan Limit Piston Speed

Red Line

Red Line

Piston speed adalah kecepatan gerak piston di dalam silinder, piston speed sendiri ada batasannya.. makanya dikendaraan kita ada yang namanya red line, itu lho garis merah di tachometer itu batas aman nya bagi mesin standar, πŸ˜€

Cara menghitung piston speed ada rumusnya bro:

Piston Speed = (2 x stroke”m” x rpm)/60

Stroke : Satuanya Meter

Ribet ya?? Kalo mau simple anti repot yaaa tinggal klik piston speed calculator saja disini: Β Piston Speed Calculator

Batas aman piston speed sendiri memang hanya 21 m/s untuk kendaraan standar, bahkan bisa lebih rendah dari 21 m/s kalok materialnya kurang bagus, Terus piston speed bisa ditingkatkan ngga sih?? biar melebihi 21 m/s ?? sampai 22 m/s gitu atau 24m/s biar mirip mirip mesin balap?? Bisa!!

1. Forged Piston

Forged Piston

Forged Piston

Forged piston piston ini mempunyai banyak kelebihan dibanding piston cor, pertama lebih mahal #serius :mrgreen: kemudian Forged Piston mempunyai berat piston jauh lebih ringan, suhu muai yang lebih tinggi, lebih kuat karena prosesnya ditempa, yang intinya dengan menggunakan piston jenis Forged ini gesekan bakalan jauh lebih rendah, dibandingkan piston cor biasa.

Piston Forged ini lumayan mahal lho, buat merek merek terkenal thailand seperti Hi Speed, Β rata rata sekitar 400 – 500 ribu rupiah, kalo mau yang murah bisa comot punya CBR Thailand atau Vixion, πŸ˜€

2. Pelapis Dinding Silinder

SCEM

SCEM

Dinding silinder merupkan area yang sangat sangat penting, area ini bersinggungan langsung dengan piston dan ring piston, area ini merupakan pusat gesekan dari mesin, sehingga untuk mengurangi gesekan dan suhu diperlukan treatment khusus untuksilinder.

Dipasaran ngga banyak yang menerapkan nikasil sebagai pelapis, setahu penulis di Indonesia sendiri cuma Suzuki dan BMW yang menerapkan coating nikasil ini, tau kan kenapa harga blok Satria SCEM mahal abis.., :mrgreen: Β untuk bore up motor motor kecil disini cuma ada pilihan blok aftermarket, misalnya buat Vario merek SRP dihargai 1,5 juta rupiah, padahal standarnya cuma 300 ribuan, wkwkwk :mrgreen: kalau mau yang murah bisa aplikasi dari liner diesel, koefisien geseknya ngga sebagus nikasil, tapi jauh lebih kuat dibanding liner silinder standar. πŸ˜€

3. Bearing High Speed

Bearing Standar

Bearing Standar

Bearing merupakan tumpuan dari poros kruk as, so.. bearing yang berkualitas sangat berpengaruh buat durabilitas, apalagi buat mesin modifikasi yang berkitir di rpm tinggi, dibutuhkan bearing khusus, dipasaran terkenal dengan nama bearing high speed, kelebihan bearing ini selain lebih kuat, juga mampu berputar lebih cepat, lebih ringan serta lebih rendah gaya geseknya.

Bearing High Speed

Bearing High Speed

Sory to say.. but, bearing ini ada harga ada rupa, bearing yang lebih mahal dan bermerek lebih kuat, punya lapisan teflon, lapisan keramik, serta toleransi kerenggangan yang membuat bearing high speed mampu berkitir lebih baik dari bearing standar. πŸ˜€

Gimanaa?? masih kurang tinggi rpm nya??

ayo kita masuk yang rada hardcore dikit :mrgreen:

4. Kruk AsΒ 

Balancing Kruk As

Balancing Kruk As

Pada motor standar keluaran pabrik balance Kruk As masih diberi toleransi, 0,03 mm, sedangkan untuk high performance engine harus 0 mm alias benar benar balance, cara modifikasinya bermacam macam, biasanya di titik dengan bor, bisa dipapas sedikit demi sedikit, ada juga yang diberi lubang kecil lalu diisi dengan bahan yang lebih ringan, proses balancing ini ngga semua orang bisa melakukanya lhoo, butuh skill kelas dewa buat balancing Kruk As kalok gagal bukan rpm yang naik malah mesin bergetar hebat, wkwkwkwk :mrgreen:

5. Stang Piston Panjang

Stang Piston Panjang VS Pendek

Stang Piston Panjang VS Pendek

Ini rahasia, kenapa moto gp dan Formula 1 selalu menggunakan stang piston yang panjang panjang, ngga ada yang menggunakan stang piston pendek ala Β liaran, yang suka colong CC lewat boreup stroke up nol paking, #ea siapa nih?? :mrgreen:

Stang Panjang

Stang Panjang

Semakin panjang setang piston, maka semakin kecil sudut yang dihasilkan dari putaran kruk as, rendahnya sudut ini mempunyai efek berkurangnya gesekan antara piston dengan dinding silinder, untuk modifikasi ini diperlukan kejelian dan kelihaian tuner dalam mengolah langkah , panjang stang piston serta tinggi piston,.. πŸ˜€

Last…

Mesin adalah sebuah kesatuan yang sangat dinamis, bukan tindakan bijak jika kita menjudge mesin itu jelek atau buruk hanya berdasarkan satu faktor saja, πŸ˜€

44 thoughts on “Modifikasi: Meningkatkan Limit Piston Speed

  1. Adhitya Ramadian

    artikel yg bagus mas, kalo urusan mesin secara mendalam jujur saya kurang ngerti, tapi ditulisan ini jadi tau cara nimbang kruk as

  2. moge

    min, bukannya semakin pnjang stang piston sudut yang dibentuk semakin besar?, kalo berdasarkan sketsa dan rumus stang piston diatas, harusnya makin panjang stang piston makin besar sudut putarannya. CMIIW

  3. rezaholic Post author

    Sebenernya sudutnya multi tafsir yak… karena bisa di hitung dari dalam atau dari luar.. kalok penulis hitungnya dari bagian luar.. hehehe

  4. lovemybike

    Mesin adalah sebuah kesatuan yang sangat dinamis,
    bukan tindakan bijak jika kita menjudge mesin itu jelek
    atau buruk hanya berdasarkan “satu faktor” saja,

    wkwkwkwkwk…nyindiiir

  5. pak tarno

    tergantung sudut mana yg diitung πŸ˜€
    tapi yg pasti stang pendek bisa bikin gaya dorong piston terhambat, karena ada gaya dorong ke samping selain gaya dorong ke bawah/atas piston. dengan makin besarnya gaya dorong ke samping maka gaya gesek piston dan dinding juga makin gede

  6. achmadarif

    klw stang seher bukannya ngaruhny ke kompresi saja om, kompresi naik, biar tenaga lebih gede tpi minumny harus oktan lebih baik bensinny, strokeny tetep gk berubah, harusnya yg berubah kan sudut cranckcaseny y

    maklum on sya masih swam median, bias dijelasin lebih detail

    klw emng bener teoriny bgitu berarti motor2 yg long stroke sperti nvl, r15, tiger, ninja mono pke stang seher panjang biar speed pistonny bisa lebih dri 21 m/s

  7. Sebul cb kng

    Mataf n jelas.gak kaya guru tk mengambar d kertas buram.tpi sayang hoby modif saya udh berhenti.krna faktor U. Hehe

  8. krisna

    setahu saya kalau Stroke pendek putaran mesin makin tinggi dan piston speed makin tinggi.. karena mesin mesin balap seperi F1 dan Superbika semuany apakai Mesin Stroke pendek

  9. krisna

    karena mesin Kawasaki Ninja 250 memiliki stroke 42mm dan bore 62mm mampu di hajar sampai 13000Rpm.. sedangkan mesin mesin dengan Stroke panjang justru ga baik di hajar sampai 13000rpm dan di batasi sampai 11000Rpm saja.. lain nya ada motor GSXR 600 saya memiliki Stroke 42mm dan Bore 67mm mampu dihajar sampai 16000rpm dengan enteng sedangkan HD Sportser saya punya stroke 92mm dan Bore 86mm cuma di batasi di 8500rpm saja

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s