Piston speed adalah kecepatan gerak piston di dalam silinder, piston speed sendiri ada batasannya.. makanya dikendaraan kita ada yang namanya red line, itu lho garis merah di tachometer itu batas aman nya bagi mesin standar, 😀
Cara menghitung piston speed ada rumusnya bro:
Piston Speed = (2 x stroke”m” x rpm)/60
Stroke : Satuanya Meter
Ribet ya?? Kalo mau simple anti repot yaaa tinggal klik piston speed calculator saja disini: Piston Speed Calculator
Batas aman piston speed sendiri memang hanya 21 m/s untuk kendaraan standar, bahkan bisa lebih rendah dari 21 m/s kalok materialnya kurang bagus, Terus piston speed bisa ditingkatkan ngga sih?? biar melebihi 21 m/s ?? sampai 22 m/s gitu atau 24m/s biar mirip mirip mesin balap?? Bisa!!
1. Forged Piston
Forged piston piston ini mempunyai banyak kelebihan dibanding piston cor, pertama lebih mahal #serius kemudian Forged Piston mempunyai berat piston jauh lebih ringan, suhu muai yang lebih tinggi, lebih kuat karena prosesnya ditempa, yang intinya dengan menggunakan piston jenis Forged ini gesekan bakalan jauh lebih rendah, dibandingkan piston cor biasa.
Piston Forged ini lumayan mahal lho, buat merek merek terkenal thailand seperti Hi Speed, rata rata sekitar 400 – 500 ribu rupiah, kalo mau yang murah bisa comot punya CBR Thailand atau Vixion, 😀
2. Pelapis Dinding Silinder
Dinding silinder merupkan area yang sangat sangat penting, area ini bersinggungan langsung dengan piston dan ring piston, area ini merupakan pusat gesekan dari mesin, sehingga untuk mengurangi gesekan dan suhu diperlukan treatment khusus untuksilinder.
Dipasaran ngga banyak yang menerapkan nikasil sebagai pelapis, setahu penulis di Indonesia sendiri cuma Suzuki dan BMW yang menerapkan coating nikasil ini, tau kan kenapa harga blok Satria SCEM mahal abis.., untuk bore up motor motor kecil disini cuma ada pilihan blok aftermarket, misalnya buat Vario merek SRP dihargai 1,5 juta rupiah, padahal standarnya cuma 300 ribuan, wkwkwk
kalau mau yang murah bisa aplikasi dari liner diesel, koefisien geseknya ngga sebagus nikasil, tapi jauh lebih kuat dibanding liner silinder standar. 😀
3. Bearing High Speed
Bearing merupakan tumpuan dari poros kruk as, so.. bearing yang berkualitas sangat berpengaruh buat durabilitas, apalagi buat mesin modifikasi yang berkitir di rpm tinggi, dibutuhkan bearing khusus, dipasaran terkenal dengan nama bearing high speed, kelebihan bearing ini selain lebih kuat, juga mampu berputar lebih cepat, lebih ringan serta lebih rendah gaya geseknya.
Sory to say.. but, bearing ini ada harga ada rupa, bearing yang lebih mahal dan bermerek lebih kuat, punya lapisan teflon, lapisan keramik, serta toleransi kerenggangan yang membuat bearing high speed mampu berkitir lebih baik dari bearing standar. 😀
Gimanaa?? masih kurang tinggi rpm nya??
ayo kita masuk yang rada hardcore dikit
4. Kruk As
Pada motor standar keluaran pabrik balance Kruk As masih diberi toleransi, 0,03 mm, sedangkan untuk high performance engine harus 0 mm alias benar benar balance, cara modifikasinya bermacam macam, biasanya di titik dengan bor, bisa dipapas sedikit demi sedikit, ada juga yang diberi lubang kecil lalu diisi dengan bahan yang lebih ringan, proses balancing ini ngga semua orang bisa melakukanya lhoo, butuh skill kelas dewa buat balancing Kruk As kalok gagal bukan rpm yang naik malah mesin bergetar hebat, wkwkwkwk
5. Stang Piston Panjang
Ini rahasia, kenapa moto gp dan Formula 1 selalu menggunakan stang piston yang panjang panjang, ngga ada yang menggunakan stang piston pendek ala liaran, yang suka colong CC lewat boreup stroke up nol paking, #ea siapa nih??
Semakin panjang setang piston, maka semakin kecil sudut yang dihasilkan dari putaran kruk as, rendahnya sudut ini mempunyai efek berkurangnya gesekan antara piston dengan dinding silinder, untuk modifikasi ini diperlukan kejelian dan kelihaian tuner dalam mengolah langkah , panjang stang piston serta tinggi piston,.. 😀
Last…
Mesin adalah sebuah kesatuan yang sangat dinamis, bukan tindakan bijak jika kita menjudge mesin itu jelek atau buruk hanya berdasarkan satu faktor saja, 😀
ulasan yg mantap gak usah pake kertas buram ! 😀
artikel yg bagus mas, kalo urusan mesin secara mendalam jujur saya kurang ngerti, tapi ditulisan ini jadi tau cara nimbang kruk as
itu bukan di timbang, itu dibalance mas
ya maksudnya itu, proses balancing
iyaaaa
pusing masbro…gw cuman kosmetik aja ngertinya….
http://wisnu3ds.wordpress.com/2014/02/18/trust-me-aksesoris-si-ninja-mono-rr-akan-booming-menjadi-trendsetter/
josss
mesin juga manusia #eh
bisa mendesah…
waduuuhhhh
mantap dah… menambah pengetahuan
http://chakim92.wordpress.com/2014/02/18/neymar-jadi-brand-ambassador-castrol
tetep pusing 😀
Cara Buat Cover Shock Paket Hemat 😀
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/02/18/cara-membuat-cover-shock-ala-up-side-down/
wah..saya gag tau mesin..
nice info ya..jadi tau dikit-dikit deh..
😀
http://hulssay.com/2014/02/18/trend-rambut-untuk-para-pria-part-2/
min, bukannya semakin pnjang stang piston sudut yang dibentuk semakin besar?, kalo berdasarkan sketsa dan rumus stang piston diatas, harusnya makin panjang stang piston makin besar sudut putarannya. CMIIW
Sebenernya sudutnya multi tafsir yak… karena bisa di hitung dari dalam atau dari luar.. kalok penulis hitungnya dari bagian luar.. hehehe
Semangat broo
Joss
tambah ilmu
Woww,joz!
Saingannya om Motogokil nih 😀
http://wongndeso1994.wordpress.com
beliau lebih keren
jos bangeett
sipp
Mesin adalah sebuah kesatuan yang sangat dinamis,
bukan tindakan bijak jika kita menjudge mesin itu jelek
atau buruk hanya berdasarkan “satu faktor” saja,
wkwkwkwkwk…nyindiiir
oh iya za, kamu kalo belajar mesin kek gini, beli bukunya ato dari tanya orang2 bengkel? mantep ilmunya
tergantung sudut mana yg diitung 😀
tapi yg pasti stang pendek bisa bikin gaya dorong piston terhambat, karena ada gaya dorong ke samping selain gaya dorong ke bawah/atas piston. dengan makin besarnya gaya dorong ke samping maka gaya gesek piston dan dinding juga makin gede
Bener banget pak tarno 😀
wkwkwk.. bisa aja.. nyindir siapa cobaa?
Tanya temen rek, ngga ada dibuku ilmu seperti ini
Yo ada lah…ga enak diomongin….Wkwkwkwk, dolan e sama anak2 bengkel yo kek gini ini…
Wkwkwkwk, padahal kamu cah bengkel juga rek..
klw stang seher bukannya ngaruhny ke kompresi saja om, kompresi naik, biar tenaga lebih gede tpi minumny harus oktan lebih baik bensinny, strokeny tetep gk berubah, harusnya yg berubah kan sudut cranckcaseny y
maklum on sya masih swam median, bias dijelasin lebih detail
klw emng bener teoriny bgitu berarti motor2 yg long stroke sperti nvl, r15, tiger, ninja mono pke stang seher panjang biar speed pistonny bisa lebih dri 21 m/s
jenong
Stang seher ngga ngaruh sama panjang stroke, kompresi, sudut nya saja yang berubah, semakin landai semakin rendah gesekan 😀
Nopone sing jenong pak?
Mataf n jelas.gak kaya guru tk mengambar d kertas buram.tpi sayang hoby modif saya udh berhenti.krna faktor U. Hehe
Mesin kencang,usia mesin pun berkurang klw gak d rawat.hehe
Mantap…
http://warungasep.wordpress.com/2014/02/19/5-merk-rokok-terlaris-di-warungasep/
josss
wo,,,ternyata begono 😐 kirain hanya mengubah cdi ke recing trus gak ada limiter rpm 😐
setahu saya kalau Stroke pendek putaran mesin makin tinggi dan piston speed makin tinggi.. karena mesin mesin balap seperi F1 dan Superbika semuany apakai Mesin Stroke pendek
karena mesin Kawasaki Ninja 250 memiliki stroke 42mm dan bore 62mm mampu di hajar sampai 13000Rpm.. sedangkan mesin mesin dengan Stroke panjang justru ga baik di hajar sampai 13000rpm dan di batasi sampai 11000Rpm saja.. lain nya ada motor GSXR 600 saya memiliki Stroke 42mm dan Bore 67mm mampu dihajar sampai 16000rpm dengan enteng sedangkan HD Sportser saya punya stroke 92mm dan Bore 86mm cuma di batasi di 8500rpm saja
Wah bang krisna ini rupanya salah paham.
Yg dibahas kan “Long or Short Rod Effect”.
Bukan ” Long or Short Stroke Effect “.
maaf koreksi ni, mobil formula f1 itu stroke nya pendek makanya rpmnya tinggi
mantap nih
yang stroke panjang salah tuh, makin panjang stroke, justru makin besar gesekan
F1 dan moto GP stroke nya pendek, makanya bisa dihajar RPM diatas 13rb
kalau stroke pendek, otomatis stang nya ikut pendek
yang dibahas itu panjang stang seher/stang kruk as/connecting road, BUKAN panjang langkah/stroke. tolong dibaca dan dicermati dulu gaes
Yg dibahas panjang stang? Tapi ditulisnya orang jaman dulu colong CC lewat bore up piston,, brarti dia maksudnya colong CC lewat panjangin stang sehernya? Hadehhhhhh tolong dibaca lagi arti kalimat orang colong CC lewat bore up.. Maksud admin itu colong CC lewat panjangin stang,, ya ya aja lah bacanya