Category Archives: Modifikasi

How To: Upgrade Vario Techno 125 Spek 58 mm

Click!

Click!

Honda Vario 125, ๐Ÿ˜€

Sumpeh deh… walaupun waktu awal peluncuran nya dihantui banyak keluhan, tapi motor ini bener bener laris manis tangjung kimpul, #halah :mrgreen: tak lain dan tak bukan, karena fitur – fiturnyanya sedep, sangat fungsional buat matic, oh yaa.. desainya yang rupawan juga menjadi nilai plus lhoo.. ๐Ÿ˜€ Continue reading

How To : Bore Up Honda Verza up to 225 cc !

Verza Ajegile!

Verza Ajegile!

Dalam kondisi standar, sebenarnya performa verza cukup banget buat harian, apalagi buat jalan jalan di dalam kota, torsinya maknyusss… ๐Ÿ˜€

Namun ada beberapa orang yang kurang puasss dengan kondisi standar verzanya, termasuk penulis.. :mrgreen: oh iya sebenernya ini blue print penulis buat bore up verza, biar ngga kalah sama susi, susi aja yang klepnya 25 berani nelen piston 58 mm, masa verza yang klepnya 30 cuma pakek piston 57 mm, kalah dong sama bebek sayur.. wkwkwk :mrgreen:

Punya susi

Punya Susi

Seperti Si Susi, rencananya sih masuk tahun kedua non verza bakalan di ubek ubek jerohanya, *kalo ada duitnya, wkwkwkwk :mrgreen:

okeh.. standarnya.. Bore Stroke Verza Punya ukuran 57,3 mm x 58 mm : 149 cc!!

Nih tabel nya.. yang kiri ukuran piston, yang kanan CC nya…

Kiri = mm, Kanan = CC

Kiri = mm, Kanan = CC

Okey… to the point aja yak gan…

1. Pin Piston Verza berukuran 14mm sama persis dengan Shogun, Thunder, Vixion, Jupiter Mx dan KLX 150, sooo.. mereka bisa tuker tukeran. ajib!

2. Piston Verza/NMP mempunyai profil cekung, tinggi piston dari pin sampai head berada pada kisaran 20mm ๐Ÿ˜†

3. Piston yang Pnp dengan Verza tanpa perlu papas adalah milik Shogun dan Klx, karena tinggi piston sama sama pada kisaran 20mm, sedangkan milik thunder ketinggian 22mm cyin harus papas dulu, punya vixion sama mx kependekan, cuma 18-19mm seinget penulis.. :mrgreen:

4. Kalo mau ngebet piston vixion/mx biar low friction… bisa juga kok, cari yang ada jenongnya yak, atau ganti stang panjang.. ๐Ÿ˜€

5. Harganya macem macem nih… buat merek TDR tersedia dari 58 mm sampai 66 mm. kisaran 250 rebu an, buat merek BMI ada 57 – 58 – 59 lajut 63,5 – 65,5mm 200 ribu saja gan.. kalo mau enak pakek hi speed banyak banget pilihanya.. tapi rada ย mahal.., tinggal sesuaiin cekungan klepnya aja.. josss! :mrgreen:

6. Kalo ngga mau repot repot ganti klep, maksimal pakai piston 66mm saja gan… mayan lah dapet 198 cc, jangan lupa ganti liner diesel yak :mrgreen:

Karena ini injeksi yaa sangat dianjurkan pakai ECU aftermarket, misalnya kayak.. BRT Juken 700 ribu saja.., jangan pake piggyback.. mahal… :mrgreen:

Close Loop ngga bisa di oprek?? Basiii…. :mrgreen:

Modifikasi: Meningkatkan Limit Piston Speed

Red Line

Red Line

Piston speed adalah kecepatan gerak piston di dalam silinder, piston speed sendiri ada batasannya.. makanya dikendaraan kita ada yang namanya red line, itu lho garis merah di tachometer itu batas aman nya bagi mesin standar, ๐Ÿ˜€

Cara menghitung piston speed ada rumusnya bro:

Piston Speed = (2 x strokeโ€mโ€ x rpm)/60

Stroke : Satuanya Meter

Ribet ya?? Kalo mau simple anti repot yaaa tinggal klik piston speed calculator saja disini: ย Piston Speed Calculator

Batas aman piston speed sendiri memang hanya 21 m/s untuk kendaraan standar, bahkan bisa lebih rendah dari 21 m/s kalok materialnya kurang bagus, Terus piston speed bisa ditingkatkan ngga sih?? biar melebihi 21 m/s ?? sampai 22 m/s gitu atau 24m/s biar mirip mirip mesin balap?? Bisa!!

1. Forged Piston

Forged Piston

Forged Piston

Forged piston piston ini mempunyai banyak kelebihan dibanding piston cor, pertama lebih mahal #serius :mrgreen: kemudian Forged Piston mempunyai berat piston jauh lebih ringan, suhu muai yang lebih tinggi, lebih kuat karena prosesnya ditempa, yang intinya dengan menggunakan piston jenis Forged ini gesekan bakalan jauh lebih rendah, dibandingkan piston cor biasa.

Piston Forged ini lumayan mahal lho, buat merek merek terkenal thailand seperti Hi Speed, ย rata rata sekitar 400 – 500 ribu rupiah, kalo mau yang murah bisa comot punya CBR Thailand atau Vixion, ๐Ÿ˜€

2. Pelapis Dinding Silinder

SCEM

SCEM

Dinding silinder merupkan area yang sangat sangat penting, area ini bersinggungan langsung dengan piston dan ring piston, area ini merupakan pusat gesekan dari mesin, sehingga untuk mengurangi gesekan dan suhu diperlukan treatment khusus untuksilinder.

Dipasaran ngga banyak yang menerapkan nikasil sebagai pelapis, setahu penulis di Indonesia sendiri cuma Suzuki dan BMW yang menerapkan coating nikasil ini, tau kan kenapa harga blok Satria SCEM mahal abis.., :mrgreen: ย untuk bore up motor motor kecil disini cuma ada pilihan blok aftermarket, misalnya buat Vario merek SRP dihargai 1,5 juta rupiah, padahal standarnya cuma 300 ribuan, wkwkwk :mrgreen: kalau mau yang murah bisa aplikasi dari liner diesel, koefisien geseknya ngga sebagus nikasil, tapi jauh lebih kuat dibanding liner silinder standar. ๐Ÿ˜€

3. Bearing High Speed

Bearing Standar

Bearing Standar

Bearing merupakan tumpuan dari poros kruk as, so.. bearing yang berkualitas sangat berpengaruh buat durabilitas, apalagi buat mesin modifikasi yang berkitir di rpm tinggi, dibutuhkan bearing khusus, dipasaran terkenal dengan nama bearing high speed, kelebihan bearing ini selain lebih kuat, juga mampu berputar lebih cepat, lebih ringan serta lebih rendah gaya geseknya.

Bearing High Speed

Bearing High Speed

Sory to say.. but, bearing ini ada harga ada rupa, bearing yang lebih mahal dan bermerek lebih kuat, punya lapisan teflon, lapisan keramik, serta toleransi kerenggangan yang membuat bearing high speed mampu berkitir lebih baik dari bearing standar. ๐Ÿ˜€

Gimanaa?? masih kurang tinggi rpm nya??

ayo kita masuk yang rada hardcore dikit :mrgreen:

4. Kruk Asย 

Balancing Kruk As

Balancing Kruk As

Pada motor standar keluaran pabrik balance Kruk As masih diberi toleransi, 0,03 mm, sedangkan untuk high performance engine harus 0 mm alias benar benar balance, cara modifikasinya bermacam macam, biasanya di titik dengan bor, bisa dipapas sedikit demi sedikit, ada juga yang diberi lubang kecil lalu diisi dengan bahan yang lebih ringan, proses balancing ini ngga semua orang bisa melakukanya lhoo, butuh skill kelas dewa buat balancing Kruk As kalok gagal bukan rpm yang naik malah mesin bergetar hebat, wkwkwkwk :mrgreen:

5. Stang Piston Panjang

Stang Piston Panjang VS Pendek

Stang Piston Panjang VS Pendek

Ini rahasia, kenapa moto gp dan Formula 1 selalu menggunakan stang piston yang panjang panjang, ngga ada yang menggunakan stang piston pendek ala ย liaran, yang suka colong CC lewat boreup stroke up nol paking, #ea siapa nih?? :mrgreen:

Stang Panjang

Stang Panjang

Semakin panjang setang piston, maka semakin kecil sudut yang dihasilkan dari putaran kruk as, rendahnya sudut ini mempunyai efek berkurangnya gesekan antara piston dengan dinding silinder, untuk modifikasi ini diperlukan kejelian dan kelihaian tuner dalam mengolah langkah , panjang stang piston serta tinggi piston,.. ๐Ÿ˜€

Last…

Mesin adalah sebuah kesatuan yang sangat dinamis, bukan tindakan bijak jika kita menjudge mesin itu jelek atau buruk hanya berdasarkan satu faktor saja, ๐Ÿ˜€

Modifikasi: Biaya Cangkok Blok Head CBR Ngga Mahal Kok

CB Berkepala CBR

CB Berkepala CBR

Well.. Nggak perlu diragukan lagi, engine Honda CBR termasuk salah satu yang sangat eksotis di kelasnya, DOHC 4 Valve dengan klep 24/21mm, plus diameter piston 63.5 mm, dan water cooled, seolah membius speed lover untuk memilikinya, namun apa daya… karena CBR 150 berharga 42 Jutaan, mending pilih Ninja RR Mono yang berharga 40 juta saja, #OraNyambung ๐Ÿ˜† :mrgreen: :mrgreen:

Honda NF bermesin DOHC

Honda NF bermesin DOHC

Maksudnya… walaupun tak bisa memiliki CBR secara utuh kita bissa memiliki hatinya didalam raga kendaraan kita.. eaaaa, apalagi dengan hadirnya CB 150 R streetfire, hati CBR bisa kita miliki dengan harga yang semakin terjangkau, jossss ๐Ÿ˜€

Kira kira apa saja bahan yang di butuhkan buat mencangkok mesin ini ย di dalam kendaraan kita, dan berapa harganya?? sooo.. cekidot broo ๐Ÿ˜€

1. Head dan Blok Silinder

Blok Silinder dan Head

Blok Silinder dan Head CB 150

Pertama Silinder dan Head CB, biasa disebut ย Blok, Boring, Bureng, Kop, bermacem macem lah nyebutnya, untuk menebus Cylinder set ini dana yang dibutuhkan hanya Rp. 1.419.000 saja.. baru blok sama headnya saja lho yaaa ย :mrgreen:

2. Isi Cylinder Head

Isian 1

Jerohan Blok Kop

Jerohan Blok Kop

Jerohan Blok Kop

Ini adalah barang barang yang di butuhkan untuk mengisi Blok Head yang masih kosong, jangan lupa klep nya ada 4 biji, per klep nya butuh 4 juga berarti, terus Camsfhaftnya ada 2 biji, untuk mengisi blok head disiniย di butuhkan dana Rp. 1.178.500 :mrgreen:

3. Piston

Piston

Piston

Apalah artinya sebuah mesin tanpa sebutir piston, sebenernya penulis bingung ini piston kit apa cuma piston saja, tapi dicari ring piston ngga ada, berarti ini piston kit kan yaaa?? untuk menebusnya siapkan dana Rp. 75.000 sajaaa :mrgreen:

4. Optional – Tambahan

crankshaft

crankshaft

Buat yang ngga pengin repot motong motong, bubut sana bubut sini, bisa colok kruk as bawaan CB sekalian, bisa ditebus dengan Rp. 800.000

Radiator

Radiator

Motor motor di negara kita jarang yang menggunakan radiator, berhubung CB ini sudah menggunakan radiator maka buat motor motor biasa diperlukan radiator tambahan seharga Rp. 560.000 untuk waterpump nya milik CB seharga Rp. 85.000 :mrgreen:

 

Thats it,.. kira kira harga barang yang di butuhkan buat mencangkok halfcut CBR ke mesin kendaraan anda adalah sejumlah :

Rp. 2.672.500 (Rp. 4.117.500 jika ditambah kruk as dan radiator), :mrgreen:

Harga diatas belum termasuk ongkos pasang, ongkos bubut dan biaya baut printilan yang kecil2, wkwkwkwkk :mrgreen:

How berminat buat mencangkok Halfcut CBR kedalam mesin anda??? :mrgreen:

Upgrade Performa Xeon RC dan GT 125

Xeon RC dan GT 125, Basis Mesin Sama!

Xeon RC dan GT 125, Basis Mesin Sama..

Body ganteng, gagah, sporty, dengan sorot mata tajam, ajib… sedikit yang mengganjal ada pada lebar ban nya, kurang wide menurut penulis. but overal motor ini keren dan sangat layak untuk dimiliki. ๐Ÿ™‚

Okey.. gacoan matic yamaha dikelas 125cc ini punya segudang potensi untuk dikilik performanya.. yuk.. mari kita simak ulasanya. ๐Ÿ˜€ Continue reading

Honda Verza Cutting Sticker Yamaha 50th Aniversary, Selesai!!

Depan

Depan, kok gelap ya??

Ceritanya, kemarin penulis lagi ngidam livery nya Jorge Lorenzo yang merah putih itu, suer.. keren banget menurut penulis :mrgreen:

Nah, ini udah selesai di cutting nih, eksekusi di Bocah Sticker, Jogja, DC dua lembar pinky plus satu lembar biru, ย saja gan, :mrgreen:

Tulisan IVECO dan ENEOS, padahal pakeknya Shell :mrgreen:

Tanki, Shroud

Tanki, Shroud

Logo Bridgestone tak lupa gan.. logo doang lho… ban nya masih IRC, seandainya ganti, mungkin milih milih Indotire saja, ajib, lha terus bridgestonenya gimana? mahal, Pengalaman penulis, bridgestone di mobil sama gajah tunggal sama aja rasanya, wkwkwkwkw :mrgreen:

Spakbor

Spakbor

belakang dikasih logo packard bell ๐Ÿ˜€

wpid-IMG_20140131_094411.jpg

Packard Bell

Penampakan Lain nya,ย Klik untuk memperbesar:

wpid-IMG_20140131_094254.jpg

depan samping

wpid-IMG_20140131_094511.jpg

belakang

wpid-IMG_20140131_094243.jpg

depan samping

Atas

Atas

full bokong :D

full bokong ๐Ÿ˜€

Target selanjutnya:

RDB ๐Ÿ˜†

UPSSSS Belum di Watermark ๐Ÿ˜€

CB150R Anda Kurang Kencang?? Ini Tipsnya

Streetfire

Siapa yang ngga kenal motor cantik berjuluk Streetfire ini, dibekali mesin DOHC, 6 speed, bertenaga 17PS, cocok banget untuk speed freak, namun… uhuk uhuk…ย nah gue ga enak ngelanjutinya, dari pada bikin dosa, huahahahaha :mrgreen:

To The Point Aja Gan!

1. Camshaft.

Camshaft sangat menentukan karakter motor, dipasaran masih langka camshaft untuk CB150R, ngga perlu bingung, ambil aja punya kakak nya CBR 150, dengan penggunaan camshaft CBR, putaran bawah streetfire memang sedikit terkebiri, namun di rpm atas, jos gandos, siapa sih yang masih ragu putaran atas CBR??:D

Pengalaman penulis, kalok pembaca mau repot, bisa menyambangi tuner terpercaya untuk dibuatkan camshaft custom, dan hasilnya?? pasti cocok deh, kalo ngga cocok?? custom lagi! :mrgreen:

2. Koil Racing

Koil racing berfungsi untuk menyempurnakan pembakaran, dibanding koil standar, koil racing dapat menghasilkan api yang lebih besar dan bagus.

3. ย Knalpot Aftermarket

Yup, sekat sekat dalam knalpot standar berfungsi buat meredam suara agar tak terlalu keras, sedangkan knalpot racing plong, kalok mau yang PNP, bisa beli knalpot aftermarket di luar sana banyaaaak sekali pilihanya. ๐Ÿ˜€

Mau nendang tapi suara kalem?? bikin saja headernya, untuk silincer bisa pakai milik Satria FU, silincer ini spesial karena cuma punya 2 sekat didalam perutnya, ajib toh, murah lagi, cuma 230 ribu :mrgreen:

4. Porting Polish

Cukup dihaluskan saja permukaannya, biar lebih lantjar ๐Ÿ˜€

Dalemanya gan

Masih kurang kenceng juga??? :mrgreen:

4. Bore UP!

okeh, klep CBR punya ukuran 24mm dan 22m x2, kalok di konversikan dalam bentuk SOHC 2 klep, ukuran klepnya 34 mm?? kok bisa ketemu 34mm??

Nih caranya:

Diameter klep CBR adalah 2 x 24mmย 

3,14 x 12 x 12 = 452,16. karena klepnya ada 2 biji maka 452,16 x2 = 904,32

konversi 1klep, tinggal dibalik

904,32 = 3,14 x Z x Z

Z = 16,97

Diameter = Z x 2 = 33,94 mm digenapkan jadi 34mm

Bandingkan sama klep tiger yang cuma 31,5 mm. padahal cc nya cuma 200, lagian throtle body cb ini sudah berada diangka 30mm, cukup mumpuni buat boreup ๐Ÿ˜†

Okeh, buat bore up ini pembaca bisa ganti pakai piston CBR, dipasaran tersedia Piston CBR hingga oversize 400, dengan pengaplikasian piston ini, otomatis Streetfire sobat bakalan meningkat menjadi 166 cc secara instan. Jos gandos ๐Ÿ˜€

5. Stroke UP!

Kalok mau stroke up, intinya cuma 1, BALANCE!!

Stroke up ini ada 2 metode, yang pertama pen stroke, yang kedua geser big end, kalok pake pen stroker bisa langung PNP, ngga usah takut tentang balance nya, hampir pasti aman, HAMPIR loh ya.ย Penstroke sendiri murah banget, cuma 200 ribuan yang bemerek, sedangkan custom berkisar 300 ribuan. ๐Ÿ˜€

Yang paling ekstrim, geser big end, kalo ini tergantung keahlian tukang bubut nya, enaknya sih aplikasi stang piston motor 2 tak, pen nya lebih kecil, jadi bisa digeser lebih jauh, mau digeser 10mm atau 10 meter juga bisa :mrgreen:

6. Piggyback + Injektor

Sudah bore up, sudah stroke up, pasti kebutuhan mesin berbeda dengan standar, piggyback dan injektor ini berfungsi untuk mengatur supplay bahan bakar lebih baik dari standar.

Bayangin, piston cbr os 400 + pen stroke 3mm saja, maka sumber ledakan sebesar 190cc sudah berada dibawah kaki anda ๐Ÿ˜€

Masih kurang puas juga?????? Nggilani, Pasang Turbo aja gan kayak disini :mrgreen:

Honda Verza Cutting Yamaha 50th Aniversary

Yang ini nih ๐Ÿ˜€

Cetarrrrr…… :mrgreen:

Penulis ngga mau bahas gimana perseteruan dua kubu ini, rivalitas tanpa batas, musuh abadi, atau apalah… pokoknya kayak air dan api, yang satu panas yang satu dingin… kok ra nyambung yoo, yaudah bagai air dan minyak, yang tak bisa bersatu ๐Ÿ˜†

TITIK! Penulis ngga mau bahas rivalitas ini, ๐Ÿ˜€

Ceritanya penulis bener bener lagi ngidam, ๐Ÿ˜€ suka banget sama livery yamaha 50th anniversary, clingak clinguk.. bingung.. YIMM ngga ada line up livery ini yah? cuma ada livery yang biru, coba kalok ada livery ini juga, image moto gp makin tertancap disini, ๐Ÿ˜€

browsing browsing….

wah ketemu nih referensi yang lumayan bagus, ๐Ÿ˜€

From Motoblast

Setelah sadar, penulis baru sadar, kalo ngga punya vixion, ngoahahahahahahaha ๐Ÿ˜†

Oooo… tenang.. ada Verza adik penulis yang masih kinyis kinyis, hajar bleh… :mrgreen:

Terus browsing… “Honda Verza Cutting Yamaha 50th Anniversary”, bisa ditebak hasilnya, Not Found :mrgreen:

Mau ngga mau, bikin sendiri!! ๐Ÿ˜€

Karena cuma bisa paint, (ngga mungkin banget striping sedetail ini cuma digarap pakek paint) akhirnya penulis menghubungi sahabat penulis namanya Gilang, rumahnya jauh di negara bantul sana, *cuma beberapa kilo dari kutub selatan, :mrgreen: agar sudi membuatkan desain ๐Ÿ˜€

Penulis : “Halo dab,”

Sahabat: “Piye??”

Penulis: “Gaweke desain cutting dab..”

Sahabat: “Wah, aku sibuk.. aku lagi ini.. aku arep iki.. besok aku mau keluar negeri.. penelitian skripsi iki dab.. coki hamil dab… wah.. aku repot banget iki… bla… bla… bla… bla…. bla….”

Penulis: “Tak traktir sepuasmu dab”

Sahabat: “OKE SIAP!!”

Baik banget ya sahabat penulis tersebut… walaupun doi sibuk masih mau bantuin penulis bikin livery :mrgreen:

setelah menunggu beberapa hari, jadilah seperti ini ๐Ÿ˜€

Siap Eksekusi..

Siap Eksekusi..

Freaking AWESOME!!!! ๐Ÿ˜ˆ

Saatnya eksekusi, DC, BJ, HJ, FJ, FK, reportnya nanti penulis bagi di blog.. ๐Ÿ˜€ย 

Soo.. Stay Tuned On RezaHolic.wordpress.com ๐Ÿ˜€