Jika tadi penulis membahas Top Speed dari kedua motor sport ini disini yang berakhir seimbang! sebenernya menang Ninja RR dikit sih karena nafasnya panjang, tapi anggap aja seimbang yaak..
Mumpung masih hangat hangatnya… mari kita lanjutkan dengan adu akselerasi dari kedua motor ini. 😀 Ninja…. secara harfiah sebenarnya definisi dari ninja itu sendiri adalah “seseorang yang bergerak secara rahasia”, yang mempelajari Ninjutsu yaitu sebuah seni dari pergerakan sunyi, 😀 sooo…. buat user ninja yang pakai knalpot racing berarti telah mencederai filosofi dari ninja itu sendiri, suara lembut dan sunyinya berubah menjadi suara gahar nan menggelegar.. hahahahahahaha,,.
Di Indonesia Gen Ninja sendiri sangat terkenal dengan akselerasinya yang sangat tajam bahkan sejak dari bawaan lahir, bahkan ada sebuah guyon bahwa kecepatan Ninja melebihi suaranya, motornya udah lewat suaranya ketinggalan dibelakang
Dengan diluncurkanya Ninja 250 RR Mono sebagai suksesor Ninja 150 RR, mampukah RR Mono mempertahankan gelar jambakan setan dari Ninja RR ?? okeeyy, cekibrot brooo.. 😀
Ninja 150 RR
Jika pembaca pertama kali mencoba Ninja 150 RR pasti bakalan kaget, ada lonjakan tenaga tiba tiba di 7000-8000 rpm, badan seperti ditarik kebelakang, tenaga seolah tak pernah habis hingga speedometer mentok itu pengaruh dari gear rasio!!
Ninja 150 RR punya power yang berada di rpm sangat tinggi yaitu 21 Kw/30hp@11.000 rpm dan torsi 20 Nm @9000 rpm, Jika dilihat dari grafiknya Ninja 150 RR ini benar benar menganut gear rasio tipe close, sangat rapat sekali, putaran mesin pada gear 3, 4, 5, dan 6 di jaga agar tidak drop terlalu jauh dibawah peak torque dari Ninja 150 RR yaitu pada putaran 9000 rpm, keuntungan gear rasio tipe close ratio ini menghasilkan akselerasi yang terus berkaitan dari kecepatan rendah sampai kecepatan maksimal tanpa jeda, mantab… 😀
Ninja 250 RR
Dibekali kubikasi yang lebih besar, membuat Ninja 250 RR Mono ini punya torsi yang lebih gemuk dari Ninja 150 RR, torsi Ninja Mono ini mencapai 22,6 Nm @8200 rpm, besarnya torsi ini mempengaruhi gear rasio yang di cangkok kedalam engine Ninja 250 RR Mono, jika dilihat dari grafik perbandingan transmisi Ninja 250 RR Mono lebih berat dari Ninja 150 RR!
Jika pembaca pernah mengendarai Ninja 2 stroke, pasti bakalan merasa putaran bawahnya terlalu soft, kemudian secara tiba tiba torsi meledak pada putaran 7000 keatas, hal tersebut ngga akan terjadi pada Ninja 250 RR Mono ini! torsi Ninja 250 RR Mono ini sudah meledak sejak putaran awal hingga rpm tinggi karena penerapan kruk as berbobot super dari KLX 250 😀
Ninja 250 RR Mono bukan tanpa kelemahan, Imbas nya, nafas RR Mono sudah terkebiri sejak rpm 10.500 kalah nafas dibandingkan Ninja RR yang mampu berteriak 12.000 rpm, untuk mengkompensasi hal tersebut maka rasio RR Mono dibuat lebih berat, dengan perbandingan yang rapat hingga ke top speed, sangat mirip mirip Ninja 150 RR.
Conclusion:
Karena memiliki stroke yang cukup panjang, nafas Ninja 250 RR Mono tak bisa sepanjang Ninja 150 RR, namun hal ini dikompensasi dengan power delivery yang lebih baik serta torsi yang jauh lebih besar dibanding Ninja 150 RR. Kedua motor ini bisa dikatakan seimbang…
Last…. Menurut penulis pribadi, jika dilihat dari desain, efisiensi, fungsionalitas, image dan gengsi Ninja 250 RR Mono ini jauh lebih baik dari Ninja 150 RR, namun sensasi dari jambakan setan memang sulit untuk dilupakan #halah
Bagaimana menurut pembaca? 😀
pilih yang baru lah
kalah dikit gpp 🙂
Lebih modern yak.. desainya juga keren kok 😀
enak ninja 2 tak jos
tarikanya tak akan terganti
pilih yang ramah lingkungan ajah hehehe
http://belalangmerah.wordpress.com/2014/02/15/melihat-lebih-dekat-kawasaki-ninja-rr-mono-250cc-part-2/
Sippp mass
Yg 250RR Mono kurang keren apalagi….
ban lebih besar, full digital panel meter, body cakep masa kini,,.
Bobot paling ringan di kelas 250cc,!!
De Satria tolong ke kiri sedikit abang Ninja mau lhheewaattt….. 😀
Hahahahaa.. asal ngga pake ban cacing aja yak broo
pilih yg baru aja ah… ga ngebul hehe
Kenceng yang lama loh gaan
nonjok datanya jozz
tarikan di 7000 RPM pada ninja 150 itu bukan dari gear ratio bro, tapi dari Super KIPS.
maksud penulis tarikan sambung menyambungnya pak 😀
ajib.. suwun pak bons.. 😀
Kalo di sirkuit kayae ninja mono menang tipis…
Kan peak powernya selisih 1.300 rpm…
Brati ninja mono lebih cepet nyampe ke peak power drpd krr…
Tp kalo di jalan raya ya menang KRR…
Mungkin saja gan.. mungkin karena Ninja Mono ngga perlu gantung rpm seperti Ninja 150 RR 😀
Betul jg ya…
Saat ninja mono pd 9.700 rpm gigi 3 kecepatan 94.8 km/j…
pd rpm yg sama (9.700 rpm) ninja 150 kecepatannya br 87,7 km/j
Yups broo.. beneer, karena torsinya lebih besar 😀
kayak nya kebalik kl di jalan raya ninja mono yg unggul tipis dan bila di sirkuit ninja mono di babad abis oleh krr.. di jalan raya itu banyak obstacle jd cenderung stop and go dan bila di sirkuit lain cerita mode race on.. rpm rata” selalu diatas, top rpm dan ogah turun…
bukanya mau ngadu atau bagus2 in motor ya…
tapi koq jauh ya datanya sama realita di cbr250r…
1:57 km/h
2:80 km/h
3:110 km/h
4:133 km/h
5:150 km/h
6: 160 – 164 km/h (kalo dpt slope turunan tembus ke 171 km/h)
klo ada yg mau coba motor bole..
Karena sprocket CBR lebih kecil mas bro.. 14/38 kalau Ninja 14/42, jadi top speed CBR bisa lebih tinggi 😀
overall oke lah
asal speedo meternya jangan alay…
masak 140 gps dibilang 180 di speedo…
benar2 alay…
Masuk akal gan, belum lagi ditambah bobot Ninja RR yang lebih ringan ya 😀
overall oke lah
asal speedo meternya jangan alay kaya di ninja 2 tak…
masa 140 gps dibilang 180 di speedo…
benar2 alay…
wkwkwkwkwk,
Jadi RR mono kga punya sensasi jambakan setan’a mas??
Bukan’a torqi lebih besar dan berasa dari awal hingga RPM tinggi ..
Mohon pencerahan’a mas ..
Jambakan setan milik Ninja 150 RR itu karena KIPS yang terbuka, sehingga terjadi lonjakan power yang sangat mendadak… dari soft langsung jadi hard dalam sekejap:D
Sedangkan milik Ninja 250 RR, torsinya sebenernya sangat kuat, namun lebih linear dari awal hingga ujung rpm 😀
yah, gampanganya.. Jambakan tetap ada, tapi jambakan setan sepertinya hanya milik 150 RR
jambakan setan tuh ngebut pake diavel setting mode sport..dtc setting pos 1…hbs itu nyoba motor lain berasa bolot..skalipun moge
cuma panigale yang bisa menyaingi wkwkwkwk
panigale pun kewalahan bro kalo di akselerasi…diavel motor torsi yg ga ada kompromi putaran bawahnya…tau2 kencang gt aja…
penasaraaan, belum pernah nyoba motor gambot gan
domisili mana bro?
jogja mas broo 😀
Lebih tak terlupakan lagi jika merasakan jambakan polisi lantas…haha
Biarpun spido alay, tp tetap bisa fogging kakaknya yg 250cc bahkan 2silinder sekalipun. Asal tau aja brot.. Klu ninja 2T 2012 keatas. Spido dijamin akurasinya setara sama yg 250. Silahkan dicoba, baru ngemeng.
Asikkk bisa tes DIavel (again) nih keknya hehehe….
————-
Pengalaman pribadi hehehe
Reza makin hari makin Jossss….!!!
———
masih belajar sama om yogas juga bar makin joss kayak om yogas, hehehe 😀
Belajar dari saya sih nanggung, though i took it as a compliment hehhee… belajarnya sama yang lebih joss lagi hehehehe… IWB, TMC, leopold kalo moge, Motogokil kalau teknis… juosssss
tepat sekali analisanya
saya ngerasain bener, bawah berisi, medium menjelang atas cepat habis
Siap.. laksanakan om
btw om yogas jago menjaga atmosfer blog supaya tetap positif dalam berinteraksi, mantaab! 😀
Wah makasih jawabanya om leopold.. ternyata bener analisanya,..
alhamdulillah kalau gitu hehehe
wah ini , wkwkwkwkwk
nganu mas, ninja 150 RR selalu dihati (meskipun cuma punya adiknya si atlit )
Mantap….
http://warungasep.wordpress.com/2014/02/15/warungasep-buka-24-jam/
makanya om,.kalo naik motor jangan boncengin setan biar enggak dijambak 😀
Kalok boncengin cabe cabean gimana broo? Hehehe
Joss kang asep.. 😀
Kan yang mono sama sama ijo mas
ninja mono pun punya jambakan tapi bukan jambakan setan tapi jambakan hantu karena tarikanya lumayan padat ada di rpm bawah sampai menengah setelah itu ngeden (makanya di sebut jambakan hantu.. just kidding.. hhehe…) beda dengan kakanya di rpm bawah sampai menengah normal2 saja akan tetapi melesat tanpa kompromi serasa di jambak setan (tekanan G force nya seperti moge) dari rpm menengah ke atas sampai mencapai top speed di sini terlihat mana karakter yg pure sport (murni sport)… akan tetapi bagaimanapun ninja mono merupakan motor yg cukup bertenaga, value dan ramah lingkungan… 😀
Totally Agree 😀
Ninja Mono sangat value buat kelasnya
Iyo bro. Udah cek sendiri pake aplikasi diablo yg diulas kang taufik. Akurat jg speedo nya..
Mantep mas, btw sudah nyoba race droid? Akurat juga lhoo
dari nungginya aja keliatan jozz gitu 😀
Pilih yg minum oktan 88 kang, treng treeeng….
Tapi yang saya rasakan dengan ninja rr, cocoknya cuma premium.. kalo saya isi bensin mahal rasanya nyendat2 gitu.. emang motor ga bisa diajak hidup mewah..
ngueeengggg… jangan lupa ditambahin pemanis, oli samping…
Ajib, Kompresinya rendah ya mass 😀
niti[ lagi ya masbro
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/02/16/kawasaki-ninja-rr-mono-lahir-gimana-nasib-para-ninjalay-intermezzo/
mantaf ninja rr mono ini…
Ajib gan… slimm..
Tetep si setan ijo lah mas bro wkwk
tapi rpm tersebut telah tercapai oleh 150 beberapa detik yang lalu…ketika 250 sampe rpm itu…150 dah kesetanan…hayooo…
emang sudah akurat makanya ninja 150 rr stanrd racelogic 143-150 km/ jam dan itu masih kencengan ninja 250r atau fi top speed racelogic 155-161 km/ jam.
btw itu data gear comander drmna bro…. wong di tes aslinya rpm 11 rb top speed ninja 150rr 140an racelogic. lha itu kok udah 160 km/ jam??
ane pernah punya ninja 150rr bro. dg spedometer lebay emang mudah gapai 180 km/ jam tp ane sadar kl aslinya ga sekenceng itu. nyalip bus aja spedometer dah 130-140 km/ jam pdhl sekenceng2nya bus cuma 100-110 km/ jam. sebenernya ninja 150rr terasa kencang krn sensasi jambakan, spedometer lebay, ban kecil, dan efek getaran mesin rpm tinggi. lari 140 km/jam gps aja terasa ngeri aplgi lihat spedometer udah 180. cb ente bandingkan dg ninja 250 fi, ga terasa spedometer dah 160 km/ jam dan selisihnya cm 3-4% dg gps.
Memang sesuai datanya ga mungkin torsi ninja rr mono dikalahkan sama abang nya rr 150 tapi kenyataan nya sih gak kaya gitu bro sekalian. Awalnya saya gapercaya kalo si “jambak setan” melesat secepat itu sampe akhirnya ane coba sendiri nih gan. Hasilnya positif ninja rr 150 tak terkalahkan di rpm atas, dan terbaik di kelas nya (150-250cc) supersport kawasaki tsb
Jangan banyak cerita dan banyak omongan ninja RR unggul dari ninja mono maupun ninja 250 fi..cuman beda beda tipis ko…sama2 ninja jngn menjelekan bro ok…pesan dari kawasi ninja club saya sering beberapa x touring trak jauh maupun dekat..
Ninja 150RR vs Ninja 250RR Mono? Ya jelas menang Ninja 150RR justru speedo Ninja 250RR Mono lebih lebay dibandingkan speed New Ninja 150RR yang lebih akurat
New Ninja 150RR bisa mentok di 152-155 km/h on gps di speedo pun kurang lebih segitu sedangkan Ninja 250RR Mono sekitar 145 on GPS di speedonya bisa 160 an atau lebih dikit