Hello guys.. 😀
Kali ini penulis mau mengajak berdiskusi, bagaimana sih sebuah pabrikan otomotif itu meningkatkan keuntungan dari sebuah produk..
Dalam penentuan pricing sebuah produk otomotif ada dua elemen kusus dalam menentukan sebuah harga kendaraan, yaitu:
1. Biaya Produksi
Biaya produksi sebuah kendaraan, meliputi bagian mesin, bodi, rangka, kelistrikan, biaya pengiriman, biaya riset, biaya buat membayar enginer, yah.. intinya biaya yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat sebuah kendaraan dari segumpal besi menjadi sebuah sepeda motor yang ganteng tampan dan fungsional seperti penulis, #halah
2. Laba
Laba atau keuntungan bersih yang diperoleh perusahaan dari penjualan tiap motor tersebut, nah ini yang bakalan kita bahas bersama 😀
Dalam dunia otomotif sempat terkenal sebuah strategi yang sistemnya meningkatkan harga semahal mahal nya untuk mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya, namun.. pasti kandas ditengah jalan.. siapa sih yang mau beli motor overprice?? iya too??
Lalu dikenallah metode baru, yaitu cost eficiency, atau pengehmatan biaya produksi, okey… contohnya :
Vixion yah.. misalnya pada tahun 2007, untuk membuat sebuah vixion, yamaha membutuhkan cost 75% dari harga jual, berarti keuntungan perusahaan adalah 25%. Ketika yamaha ingin meningkatkan untung dengan vixion, yamaha melakukan efisiensi, misalnya dalam hal pengiriman barang, kalo pada tahun 2007 pengiriman menggunakan jalan darat, 2009 menggunakan kapal, selain biaya pengiriman lebih murah volume yang dikirimkan juga lebih banyak. 😀
Penghematan juga bisa dilakukan dari sektor lain, misalnya iklan, promosi dan lainya, soo.. ketika digabung kan.. yamaha bisa menurunkan cost produksi dari 75% menjadi 65%, labanya dari 25% manjadi 35%, lumayan too naik 10%, kalo misalnya keuntungan pertahun 10 M, perusahaan mendapatkan extra dana 1M, banyak juga yah
Pasti banyak pertanyaan, “lho kalo udah melakukan penghematan, kok harganya ngga diturunin, nanti kan konsumen yang untung??”
Nah.. disini pinternya,… kalo harga kendaraan semakin hari semakin turun, tentu saja konsumen bakalan males beli, konsumen bakalan menunggu sampai motor tersebut berada pada titik termurah baru membelinya, Rugi bandar dong,…
Ini yang perlu diingat buat kita semua, perusahaan itu yaa targetnya cari duit, bukan sedekah… soo ndak usah berharap muluk muluk, pengin ini, pengin itu,… kalo mau murah, bagus, ya bikin sendiri..
Next Episode kita bakalan membahas bagaimana sebuah perusahaan melakukan upgrade pada sebuah sepeda motor, soo stay tuned on rezaholic!
Wow keren analisanya mantap…
http://warungasep.wordpress.com/2014/03/04/music-bisa-mempersingkat-waktu-tempuh-kendaraan/
marketing niee..
http://hulssay.com/2014/03/03/seksualitas-pria-vs-perempuan-part-2/
wih ilmu marketingnya juos……bagi2x donk kang wkwkwk
http://belalangmerah.wordpress.com/2014/03/04/setelah-ducati-monster-796-dan-ducati-899-panigale-dirilis-ducati-1199-superleggera-segera-menyusul-ke-tanah-air/
termasuk aho. mengurangi biaya produksi tanpa mengurangi kualitas
asal jgn mnggunakn nma besar tuk mncari keuntungn pi mngurangi kwalitas, 😀
Downgrade
Fans boy ga naikin profit nih?
Suwun kang asep…
Jesss.. wkwkwk
Ini kan dibagi bagi.. heheheh
Saklar berkurang, harga tetap.. wkwkwk
Setuju gan!
Efisiensi beda sama downgrade.. wkwkwk
Hahahaa, fansboy berkaitan sama popularitas kali yak
Populer jadi banyak yang beli 😀
Bener juga yak wkwkwk
Menyimak nich, artikel marketing 😆
Nyimak
monggo kang..
monggo kang
perusahaan mo untung gede jg g papa asal kualitas terjamin..
setuju gan! 😀
Ane kuliah bidang ekonomi, tapi sampe lulus belum bisa jadi marketing yang baik… 😉
ngga papa gan, penulis aja kuliah di psikologi kaga bisa nyembuhin orang gila, wkwkwk
Wkwkwkk…
Dunia itu emang unik dan indah.. 😉
wiidihh,,,merambah ke dunia marketing 😆
Ada Fby nge bc nvl, piye iki… wkwkwkwk
Iya ya. Kenapa NVL bisa murah. Meskipun iklannya yamaha paling banyak. Trus, acara rakyatnya paling banyak. Semisal “kampung yamaha” di JTV. Trus, kalo ada event, yamaha deh paling mewah. Kayaknya labanya bejibun nih 🙂
Nyatanya sponsor motogp gitu 😉
kenapa hayooo??
Takdir bro. Hihiiiii 😀
oooh gtu toooh…..
banyak juga ya 😮