Semalem penulis kopdar dengan teman teman kampus, sesama biker enthusiast pasti yang dibicarakan selalu motor, hehehe 😀
Kami cukup tertarik dengan hadirnya jagoan baru honda yaitu New MegaPro PGM-Fi, revisi body nya mampu membuat pangling, yup.. cukup ganteng dan tampan mas bro.. browsing spesifikasinya dan membandingkan dengan motor lain merupakan hal yang jamak dilakukan, performa salah satunya, eh setelah membandingkan Power To Weight Ratio, kamipun menyeritkan dahi 😉
Berat kosong New Megapro Fi, 135 Kg, Powernya 13,1 Ps dan Torsinya 12,3 Nm.
Power to Weight: 13,1/135 = 0,09703 Ps/kg
Torsi to Weight: 12,3/135 = 0,9111 Nm/Kg
Berat kosong Yamaha Byson, 139 Kg, Powernya 13,73 Ps, torsinya 13,6 Nm.
Power to Weight: 13,73/139 = 0,09877 Ps/Kg
Torsi to Weight: 13,6/139 = 0,09784 Nm/Kg
Powernya selisih, 0,00174, dan torsinya selisih lebih besar lagi, 0,0673 ada disana…
Wogh, Kok gede byson ya…??
Power to weight ratio memang salah satu faktor dalam indikator performa, yup, “Salah Satu“, masih ada indikator performa lain, seperti aerodinamika, gear rasio, power loss, dan tehnik mengemudi. 🙂
Sooo… Gimana menurut pembaca ??? 😀
bisa jadi bisa jadi…. :))
http://sugimasihada.com/2014/01/28/sssttttt-suzuki-gixxer-150-mendarat-di-indonesia-tahun-ini/
asemmmm bkalah pertamax sama om sugii 😈
Menyimak saja….(Sama-sama belum pernah ngetest sendiri) 😆
Siippp
yang penting tes lapangan gan. byson lebih lambat dr nmp “katanya”
wow… byson aq vote byson waelah… wkwkwk
klaim pabrik gak pasti sama dijalan 😀
iyup, hanya salah satu faktor 😀
owalah gitu tooo 😀
yoi mas, 😀
masih powerfull old nmp gan, top speed pun ane masih ngejagoin old nmp d bndg vixie ane,
kalau yg new nmp ini aja kalah lwan kebo ya pasti habs musuh vixie.
hanya salah satu faktor kok gan 😀
byson aje deh…
bisa jadi gan, banyak faktor disini 🙂
okehh.. 😀
akhirnya byson dapat lawan sepadan….wakakakakkk…
lha thunder?? hhahahaha 😆
faktor si karet bundar juga pengaruh…!
kenapa si fu ngacir melebihi byson bahkan NVL, CB150R,..?
1. bobot enteng krn rangka bebek
2. udah tau rangka bebek pasti pake ban seukuran motor bebek juga
adu kebut dan tawur antara byson dan nmp banyakan adanya di dunia maya,dijalanan kalo ketemu,jarang sekali pengendara kedua tipe bertarung,saya sering dapat salam tot tot dan acungan jempol dri pengendara sport lain.
ini baru ajib 🙂
semakin besar ban, semakin besar power loss
Thunder 125 om lawannya supra, shogun, cs1….
NMP bakal jadi motor terlemotz….
ngapain jg bro.. motor harian kq buat adu kencang..klu buat adu kencang saya dulu test cuma 2tak yg jozzz..RGR,TZM,KRR SE,NSR R jg SP. kelas 150 saya rasa beberapa ini jozzz. klu klas 250 4t skrg gk ada apa2nya rasanya lemot dbanding mreka. klu 4t 150 yg ada dimari cuma FXR yg juoz stelahnya CBR150..klu R15 buat pendek2 aja
pernah nyoba RR, gigi 4 udah nembus 140
rgr juga gigi-4 dah 140, ban depan dah mau wheeli
belum pernah nyoba pak, hehehe 😀
setuju ama motogokil…..RGR mang sadis tarikanny….ama Ninja RR aj perasaan masih sadis RGR jambakannya….
byson mungkin sedikit lebih kencang, tapi kalo akselaresi aku masih megang mega pro ..
toh kalo topspeed sepertinya juga nggak jauh beda, sekitar 115-120 kpj
pengen nyoba rgr…. belum pernah nyoba nih.. 😦
yup, aksel lebih berguna, ngga mungkin kan tiap jalan top speed terus terusn
sing pentig boncengere! 😛
Nabilah oyes!
Banyak komentator yg bilang kalo Byson tu lemot. Tapi aku selalu mratiin di jalan kok Byson kliatan enteng ya tarikannya. Terutama pas mau nyalip mobil di jalur dua arah, brasa mak nyuss… ngga kedodoran. Kalo pas disalip suara mesinnya juga halus, nyaris tak terdengar (lebay dikit). Ini berdasarkan pantauan di jalan, maklum belum pernah nyoba Byson. 😆
yup.. tenaganya besar dibawah… efek klep sedang dan karbu ukuran sedang pula.. 😀
lebih kencang nmp karbu, sering lawan byson di pantura antara cikampek-pamanukan, nmp ku menang terus.lawan old vixi seri, lawan NVL sejajar.lawan FU kalah,haha…
hahahahaa… Mantab motornya om!, FU mah gila, mesin turunan fxr dipasang ke rangka bebek 😀
vote bison mesin nmp fi 😉
ya memang itu karakter mesin yamaha nampak enteng tapi klo udah rpm 7000 habis dibabat mesin nmp. jadi motor motor honda nampak lemot karena banyakan main di rpm tinggi
sebenarnya Byson itu tarikannya lebih halus / lembut, kalo NMP tarikannya lebih menghentak
tapi kalo kata Fbh lembut di motor Yamaha itu harus dibilang lemot 😆
kalo motor honda yg lemot harus dibilang tarikannya lembut
kalau dijalan biker byson dan nmp pasti akur… maklum yg pake nmp pasti ngalah, bapak2 sih… beda ama biker byson, sering salip dan main sruduk. kenalpot juga dipasang yg free. anak muda sih. motor nunjukin karakter seseorang…
verza unggul tipis
power 13,2PS/129 = 0,1023
torsi 12,7NM/129 = 0,0984
fbh mode on
catalyc conventer berpengaruh ditarikan awal
tunggu riding impresinya para bloger , dan komen emBeHa
Cabe rawit verza… enteng, kencang!
Sip gann..
Wkwkwkwk.. no komen gan 🙂
Dengan selisih yang begitu kecil apa kira2 berpengaruh banyak ya…??
Pengaruh, tapi ngga signifikan pak 😀
itu byson yang karbu ya???
yup, byson yang beredar di indonesia saat ini 😀
kalo pas jalan macet, semua itu gak ada artinya 😀
kalok macet, matic berjaya 😀
o yeah
buka sitik jossss
durung tau numpak nmp aku…
http://mumet-ndhase.com/2014/01/28/mumet-ndhase-mau-memodif-motor-andadesign-dari-husqvarna-moto-3-ini-mungkin-bisa-sedikit-membantu-anda/#comment-562
di atas kertas kadang bedang dengan di atas aspal
gubrrraaakkkkkk
ingat bro itu jenis bobotnya beda
Byson sudah bobot isi dan NMP FI masih bobot kosong
seharusnya NMP FI ditambah lagi dengan berat saat tangki bbm penuh dan juga oli
lalu tapak ban paling berpengaruh karena semakin lebar maka semakin besar pula gesekan dengan aspal sehingga semakin besar pula lost powernya
ternyata honda jg jual genset ya
http://oprekmotore.blogspot.com/2014/01/ternyata-honda-juga-menjual-genset.html
Coba titip jemuran 😀
http://nyobamoto.com/2014/01/30/etape-1_ultah-nyobamoto-com-diperingati-dengan-pelukan-kabut-penanjakan-bromo/
haha ..jgn anggap enteng cs1 gan ..tiger ane di lalap cs1 di trek lurus …
bener juga sih…ane juga dah pernah test tarikannya yahud…
salam ” satuHATI “
coba aja tukeran ban ma velgnya antara byson ma megapro. dijamin megap megap tu megapro.