Byson lebih kencang dari New Megapro PGM-Fi

Semalem penulis kopdar dengan teman teman kampus, sesama biker enthusiast pasti yang dibicarakan selalu motor, hehehe 😀

Kami cukup tertarik dengan hadirnya jagoan baru honda yaitu New MegaPro PGM-Fi, revisi body nya mampu membuat pangling, yup.. cukup ganteng dan tampan mas bro.. browsing spesifikasinya dan membandingkan dengan motor lain merupakan hal yang jamak dilakukan, performa salah satunya, eh setelah membandingkan Power To Weight Ratio, kamipun menyeritkan dahi 😉

Brosur New Megapro

Brosur New Megapro

Berat kosong New Megapro Fi, 135 Kg, Powernya 13,1 Ps dan Torsinya 12,3 Nm.

Power to Weight: 13,1/135 = 0,09703 Ps/kg

Torsi to Weight: 12,3/135 = 0,9111 Nm/Kg

Spek Byson

Spek Byson

Berat kosong Yamaha Byson, 139 Kg, Powernya 13,73 Ps, torsinya 13,6 Nm.

Power to Weight: 13,73/139 = 0,09877 Ps/Kg

Torsi to Weight: 13,6/139 = 0,09784 Nm/Kg

Powernya selisih, 0,00174, dan torsinya selisih lebih besar lagi, 0,0673 ada disana… 

Wogh, Kok gede byson ya…??

Power to weight ratio memang salah satu faktor dalam indikator performa, yup, “Salah Satu“, masih ada indikator performa lain, seperti aerodinamika, gear rasio, power loss, dan tehnik mengemudi. 🙂

Sooo… Gimana menurut pembaca ??? 😀

63 thoughts on “Byson lebih kencang dari New Megapro PGM-Fi

  1. vixioner007

    masih powerfull old nmp gan, top speed pun ane masih ngejagoin old nmp d bndg vixie ane,
    kalau yg new nmp ini aja kalah lwan kebo ya pasti habs musuh vixie.

  2. vario kinclonk

    faktor si karet bundar juga pengaruh…!
    kenapa si fu ngacir melebihi byson bahkan NVL, CB150R,..?
    1. bobot enteng krn rangka bebek
    2. udah tau rangka bebek pasti pake ban seukuran motor bebek juga

  3. Papa Afnhy

    adu kebut dan tawur antara byson dan nmp banyakan adanya di dunia maya,dijalanan kalo ketemu,jarang sekali pengendara kedua tipe bertarung,saya sering dapat salam tot tot dan acungan jempol dri pengendara sport lain.

  4. HRS

    ngapain jg bro.. motor harian kq buat adu kencang..klu buat adu kencang saya dulu test cuma 2tak yg jozzz..RGR,TZM,KRR SE,NSR R jg SP. kelas 150 saya rasa beberapa ini jozzz. klu klas 250 4t skrg gk ada apa2nya rasanya lemot dbanding mreka. klu 4t 150 yg ada dimari cuma FXR yg juoz stelahnya CBR150..klu R15 buat pendek2 aja

  5. awansanblog

    byson mungkin sedikit lebih kencang, tapi kalo akselaresi aku masih megang mega pro ..
    toh kalo topspeed sepertinya juga nggak jauh beda, sekitar 115-120 kpj

  6. Busa_tio

    Banyak komentator yg bilang kalo Byson tu lemot. Tapi aku selalu mratiin di jalan kok Byson kliatan enteng ya tarikannya. Terutama pas mau nyalip mobil di jalur dua arah, brasa mak nyuss… ngga kedodoran. Kalo pas disalip suara mesinnya juga halus, nyaris tak terdengar (lebay dikit). Ini berdasarkan pantauan di jalan, maklum belum pernah nyoba Byson. 😆

  7. enang

    lebih kencang nmp karbu, sering lawan byson di pantura antara cikampek-pamanukan, nmp ku menang terus.lawan old vixi seri, lawan NVL sejajar.lawan FU kalah,haha…

  8. winda

    ya memang itu karakter mesin yamaha nampak enteng tapi klo udah rpm 7000 habis dibabat mesin nmp. jadi motor motor honda nampak lemot karena banyakan main di rpm tinggi

  9. Dide Irvin

    sebenarnya Byson itu tarikannya lebih halus / lembut, kalo NMP tarikannya lebih menghentak
    tapi kalo kata Fbh lembut di motor Yamaha itu harus dibilang lemot 😆
    kalo motor honda yg lemot harus dibilang tarikannya lembut :mrgreen:

  10. romesleh

    kalau dijalan biker byson dan nmp pasti akur… maklum yg pake nmp pasti ngalah, bapak2 sih… beda ama biker byson, sering salip dan main sruduk. kenalpot juga dipasang yg free. anak muda sih. motor nunjukin karakter seseorang…

  11. Backspace

    catalyc conventer berpengaruh ditarikan awal
    tunggu riding impresinya para bloger , dan komen emBeHa

  12. melek dunk

    gubrrraaakkkkkk
    ingat bro itu jenis bobotnya beda
    Byson sudah bobot isi dan NMP FI masih bobot kosong
    seharusnya NMP FI ditambah lagi dengan berat saat tangki bbm penuh dan juga oli

    lalu tapak ban paling berpengaruh karena semakin lebar maka semakin besar pula gesekan dengan aspal sehingga semakin besar pula lost powernya

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s