Big Scooter War: Burgman 200cc VS Viar V1 200cc

suzuki-shows-burgman-125-and-200-scooters-photo-gallery-medium_6

Masih anget tentang Burgman 200 nih :mrgreen:

Ini bukan soal adu ganteng gantengan, bukan soal adu performa, adu fitur atau adu yang lainnya, ini adu harga dengan melihat NJKB. dan yang jadi korban kali ini adalah….. 😀

Viar V1, Dari

Viar V1, Dari web nya Viar

Viar V1 ini dikenal juga dengan nama Viar V-iii, memang pabrikannya sendiri suka gonta ganti nama kendaraan seenaknya, entah apa maksudnya gonta ganti begini, penulis juga bingung, hahahahaa 😀

NJKB Viar

NJKB Viar

Okey… Saat ditelisik lebih jauh secara NJKB, Big Scooter dari Viar ini mempunyai harga senilai Rp. 10.100.000, dengan OTR Rp. 22.000.000 di Jakarta. sehingga saat kita hitung rasio perbandingan harganya, maka akan ketemu 22/10,1*100% = 217%.. Nah darisitu ketauan kalau Harga OTR 217% dari harga NJKB, :mrgreen:

Rasio ini beda jauh dengan yang biasa dilakukan oleh pabrikan pabrikan jepang, sebagai contoh yamaha dengan vixion, yang mempunyai rasio 127%, tak sampai 200% kan??? 😀

Kemudian bagaimana jika rasio ini kita masukan pada NJKB Burgman 200 ???

NJKB Burgman from TMCblog.com

NJKB Burgman from TMCblog.com

Dari data yang diperoleh NJKB Burgman 200 mempunyai nilai 14.700.000, jika dikalikan rasio 217% maka akan ketemu 14.700.000 *217%= 31.899.000. wah harga OTR Burgman 200 jadi sekitar 31 juta nih..

Masih ngebet beli gaan?? 😀

Conclusion

Dari hasil mengorek ngorek info di situs supplier internasional, Viar V1 / V3 merupakan sissy dari Zheijang Riyi Motor. kendaraan ini mempunyai kubikasi antara 125 – 250 cc, dengan power berkisar diangka 6 Kw – 13 Kw dan torsi 6-20 Nm.. tergantung dari kapasitas mesinya.. 😀

Dalam keadaan mentah dari pabrik Scooter ini dihargai mulai dari 9000 USD hingga yang paling mahal 10.000 USD. Nah.. disini uniknya… saat kita melihat NJKB Viar yang diangka Rp. 10.100.000, sepertinya Viar hanya mencantumkan harga motor ini secara mentah saja, biaya impor barang, transport, yah gampanganya biaya XXXX tidak dimasukan kedalam NJKB.

Apa keuntunganya strategi ini???

Keuntunganya cuma satu.. pajak kendaraan bisa ditekan dan impactnya harga jual bisa ditekan lebih murah… mungkin untuk pabrikan sekelas honda yamaha.. selisih beberapa ratus ribu masih fine fine aja, lha.. wong asetnya sendiri triliunan.. :mrgreen:

Tapi ketika sudah menyangkut ke pabrikan kecil seperti viar ini… bakalan beda cerita.. yaaahh itung aja selisih Rp. 500.000 x 1000 sepeda motor, lumayan kan beda 500.000.0000.. 😀

31 Juta, Masih minat beli??

31 Juta, Masih minat beli??

Dari strategi harga NJKB pecyah! :mrgreen: ala suzuki (burgman 14.7 boooo..), apakah suzuki menerapkan strategi yang sama seperti yang diterapkan oleh pabrikan viar ini???

hmmmm… kita lihat saja nanti :mrgreen:

 

UPDATE: 

Versi Otomotif, Burgman 200, bakal dilego 50 – 60 juta.. penonton kecewa.. :mrgreen:

41 thoughts on “Big Scooter War: Burgman 200cc VS Viar V1 200cc

  1. blade-in

    Burgman 125 dan 200 itu kan motor impor CBU dari Thailand. Pastinya kena pajak barang mewah 125%. Baru kena pajak saja harga Burgman sudah 32,7jt. Belum biaya lain-lain. Kemungkinan dibandrol 45-50jt (Klop sama pernyataan para petinggi Suzi yang mau membandrol motor ini di bawah 60jt). Untuk yang 125 kemungkinan harganya di kisaran 30-an, seharga dg PCX pertama kali nongol !!! Analisa ngawur yang bilang Burgman 200 dihargai OTR 20jutaan … (kecuali Suzi CKD niy motor !!!)

  2. rezaholic Post author

    setahu penulis, CBU selama masih dibawah 250cc ngga kena pbm.. kita lihat saja pulsie cbu, ngga kena pbm dan bisa dibawah 20 juta gan 😀

  3. stevant

    SIS sendiri bilangnya antara 50-60 juta loh…..jangan sampai yg ngarep murah cuma dapet ngimpi.com 😀

  4. Zas-R

    31 jt msh termasuk murah lho dibandingkan dgn PCX, apalagi kalo da salah ini Burgman sdh bermesin 4 Valve/klep…

  5. threeazz

    Kalo pendapat pribadi saya om……
    Untuk pribadi sekelas S ya gak bakal sampe 200% lah… dealer udah tersebar walau gak.sebanyak H dan Y.
    Prediksi saya harga kisaran 23-29juta lah buat nabok PC.eks, nah yg 125 kayaknya buat ngacak2 Vario WTF/150(maybe).. maklum… sudah lama rasanya S gak ngamuk kaya gini.
    Salam penggemar S.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s