Apakah Harga R15 Merupakan Strategi Bunuh Diri Yamaha?

yamaha-r15-v2-0

Salam Bikers ๐Ÿ˜€

At a Glance.. Pembaca pasti tahu bagaimana kondisi pertarungan dikelas sport 150cc “performance” saat ini, persaingan antara New Vixion dan CB150R yang sangat panas, tak hanya secara fisik, gebuk gebukan juga terjadi di dalam jagad blogsphere, apalagi pasca kemunculan tumenggung baru dari yamaha,…. R15 ๐Ÿ˜€

20130118-komparasi-1 (1)

Yamaha R15.. diawal desas desusnya, R15 di anggap basi, lha wong sudah lama di india kok baru muncul sekarang di indonesia, ini 2014 meeen.. ngapain aja selama itu?? :mrgreen: Tapi semua terbalik ketika NJKB R15 muncul dan hanya menunjukan angka 18.100.000 rupiah, cuma beda 600.000 dari New Vixion Lightning lhooo.

Kata yang telah dibuang, mulai dikoreksi kembali,ย wajah kelam sport fairing 150cc 4 stroke, kini mulai tersenyum, ceeeesssss.. apa gak gila tuh?? :mrgreen:

Apakah ini merupakan langkah bunuh diri yamaha?? ๐Ÿ˜€

before after

Katakanlah Kue dari sport 150cc sejumlah 60 ribu unit perbulan (abaikan merek lain, kebanyakan dari mereka adalah seorang idealis :mrgreen: ) dengan rincian, 25.000 konsumen potensial sudah dikuasai Yamaha lewat New Vixion nya, 25.000 konsumen potensial dikuasai honda dengan CB150R nya, sedangkan 10.000 lainya merupakan calon konsumen yang bingung kemana kaki akan melangkah, kepada NVL kah aku berjalan??? atau kepada CBSF?? tapi sepertinya Pulsar 200 NS di ujung sana cukup menarik #halah. :mrgreen:

after

Kita ibaratkan market Honda tetap, 25.000 konsumen/bulan. Hanya market yamaha serta other potensial marketย saja yang berubah, Apa yang terjadi saat R15 muncul??, peta langsung berubah drastis, R15 dianggap masyarakat mempunyai value for money yang sangat baik, Full Fairing Bike, Big Bike Look, Good Quality, Good Performance, R15 mampu membentuk pasar sendiri, katakanlah 15.000 unit sebulan, namun dengan basis yang identik tentu ada yang dikorbankan, vixion.. dari 25.000 unit.. turun sangat drastis, kita ambil yang super ekstreem yah.. turun sampai 40%.. menjadi 15.000 unit sebulan… :mrgreen:

Jika dilihat secara item per item, jelas sekali terjadi penurunan, lha wong NVL dari 25.000 unit menjadi 15.000 unit sebulan, namun, jika dilihat secara kuantitas total, yamaha berhasil meningkatkan kue, dari yang hanya 25.000 sebulan menjadi 30.000 sebulan (R15 + New Vixion).

Namun saat kita cermati dengan seksama, sebenernya target market dari R15 itu siapa sih? apakah semua pengguna NVL bakalan kepincut denga R15? ndak juga to.. masih banyak yang males menggunakan motor fairing buat harian, eman eman, gampang baret baret, terus buat selap selip ribeeet.. ngga se ramping yang naked,.. ๐Ÿ˜€

Disini pentingnya diferensiasi produk.. disaat kompetitor masih stagnan dengan market 25.000 perbulan, secara perlahan yamaha mengejar dengan selisih 5.000 perbulan, yah sukur sukur bisa ngambil konsumen potensial dari kompetitor juga, 1000 – 2000 unit kan lumayan… ๐Ÿ˜€

Penulis jadi teringat strategi perang Sun Tzu :

“Korbankan lah batu bata untuk mendapatkan batu giok”

Ah…… Kita lihat saja bagaimana kedepanya .. Bagaimana pendapat pembaca?? ๐Ÿ˜€

50 thoughts on “Apakah Harga R15 Merupakan Strategi Bunuh Diri Yamaha?

  1. paperiders

    hmm kalo di lihat sekilas handling masih mirip argonomine NVL, jadi feelnya di pastikan sama(nurut ane). Yang pikir sih bisa jadi, NVL di gantikan R15 (sama kayak OV di ganti NVL)
    tapi ya terserah Yamaha juga sih…

  2. rizki

    kayaknya ini dilema dr yamaha.
    keputusan masukin R15 karna desakan konsumen dr lama, cuma baru diseriusin sekarang. kenapa?karna selama ini vixion segmen yg aman(pada awalnya) sebelum munculnya CB150.
    ibarat kata, ada kompetitor yg bisa bikin goyang tingkat penjualan jadi dibuat tandingan satunya.
    ini mirip kasus matic waktu dulu. yamaha dengan nouvo dan mio awalnya ya ga ada perubahan signifikan. tapi begitu honda masukin beat dan vario, coba liat. varian yamaha langsung muncul berapa?ada juga yg direvisi.

    nah, yamaha lebih bingung lagi karna tantangan race 150. dgn yakin mau turut serta. tapi motor yg ada kayak di anak tirikan(vixion). berarti kalo saya liat sportnya YMI berantakan karna adanya tandingan honda. dan mungkin nantinya kayak kasus si matic.
    malah banyak varian dan harganya mepet2. yang perang sendiri nanti konsumen hehe…(katakan saja terlanjur beli)

    *maaf panjang, ngawur pisan. tapi ini hasil pengamatan org awam.
    CMIIW

  3. rezaholic Post author

    IMHO.. kompetitor memang jago banget menjaga hati konsumen, tapi impactnya ngga bisa terlalu luwes dalam menelurkan sebuah produk.. ๐Ÿ˜€

  4. fncounter

    Produk ini sebenarnya produk potensial jika saja dirilis pada waktu yang tepat. Kapan? ya saat antusiasme masyarakat sangat besar dulu. Seiring banyak nya varian begitu juga yang ditawarkan kompetitor, R15 tak lagi bertaji.

  5. 46sukses.com

    Betoel banget masbro..itu adlah langkah awal yimm mau bunuh diri,.dan disinyalir setelah yimm bunuh diri,ruhnya gentayangan ngeganggu ahm..ahm pun jadi resah gelisah..karena ruh2 yimm slalu mengganggu siang malam..hehehe LANjuTTT!!

  6. blade-in

    Nambah 3-4 juta dapet motor full fairing, sporty abiez, deltabox, arm banana model, stang jepit, pelk /ban gede …. apa masih mau milih NVL dan CB150R? Gila aja loe Ndro !!!

  7. slolholob

    menurut saya yang hanya orang bodoh, tidak demikian Bro,memang iya pasar nvl pasti berkurang seiring r15 datang tapi itu hanya didalam negeri.Nah bagaimana yamaha mensiasatinya?
    masih ingat tentang nvl yang dilaunching di Vietnam ma Malaysia? Walaupun pasar nvl disini berkurang mungkin Yamaha akan agresif memasarkan NVL dikedua negara tersebut agar target penyerapan sesuai yang dicanangkan atau mungkin juga harga R15 disini juga dipengaruhi oleh NVL dinegara tersebut (tolong cari info bagaimana respon NVL dinegara tersebut),katakan yamaha ambil untung kecil dari R15 sekaligus menekan kompetitor,yamaha mungkin juga mengambil untung besar dari NVL yang diekspor.
    Maaf kepanjangan Om,Mungkin bagi para suhu suhu disini bisa membenarkannya. (halah malah koyo warung sebelah kie xi xi).

  8. andriy

    yg jelas si diliat niatnya om, pabrikan sblh kbnyakkan main strategi derivatif2an..kpn lg nyicipin motor impor yg slm ini lbih bny dinikmati lwt foto n segelintir org, skrg dirakit lokal & harga msk akal.
    suzukipun jg akan mulai dgn gixxer&burgmannya. Intinya kl konsumen dimanja produk2 dgn desain n performa berkualitas aplg kl harganya reasonable, pasar bkal merespon positif dgn sndirinya.

  9. mantribiker

    Yamaho disini mbuat pilihan lain selain NVL dkelas 150cc, kunsumen yg suka faired ad R15, yg suka Naked NVL..JG Yamaho ingin mndengarkan kritik yg bilang “nie lo kami jg bisa bikin sport 6 speed” yg slam ini kn sport yamaho cuma punya 5 speed..

  10. Faisholic

    Walau gua pengguna CB, gua akui Desain Yamaha emang lebih bagus dari Honda. Jempol buat Yamaha dari Segi desain.

  11. old blade

    yimm terlalu bertumpu sama nvl,setelah kena serangan baru deh buat rencana dadakan,kesan nya gmna gitu,trus r15 momentum nya udh lewat

  12. jackalride

    Bisa jadi marketnya NVL yang dikorbankan itu malah diisi R15 dengan jumlah yang sama plek, alias market share ga berubah… huahahaha.. Terus pa Eko ntar bilang aku rapopo.. ๐Ÿ˜†

  13. O=O

    bisa jadi memang niatan yimm mau bermain sebelum ahm ikut nyebur dgn cbsf firing so dengan start duluan maka diharapkan image akan tertancap lebih dalam duluan mas broh….
    soal hrga yg mepet nvl, it dikarenakan memang niy produk udah exist duluan dinegeri tetangga & krn memang sudah ada rumor akan ada R15 V3 so R15 akan fenomenal/ tidak it setelah R15V3 rilis dimarih krn akan bisa lebih cost down utk meghadapi mesin deveriatif cbr ahm

  14. spatbor

    efek negatif klo s’ndainya r15 dbndrol hnya beda tipis dgn nvl yg psti share nvl brkurang, dn jg pnjualan nvl akn trsusul oleh cb150r krn share nvl dh trserap ke r15, shingga ntinya nvl jg gk akn jd raja motorsport terlaris lg, dn klo itu trjadi psti ahm mngklaim klo cb150r tlah brhasil mnggulingkan nvl..tp efek positifnya pra konsumen yamaha jd pny bnyk plihan antara yg naked dn yg fullfairing dn itu alarm jg bwt honda cbr150r klo ntinya r15 dh diproduksi dgn hrga yg jauh lebih murah dn smkin mninggalkan honda!

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s